Mau Anak-Anak Senang Membaca? Ikuti 5 Cara Ini Untuk Menumbuhkan Minat Baca dalam Keluarga

Photo by : bogotapost

Seberapa penting sih membaca menurut kamu? Buat aku pribadi kebiasaan membaca itu bukan sekadar hobi, tapi justru penting dan banyak manfaatnya. Coba lihat kondisi sekarang, seberapa banyak kasus penyebaran hoax akibat malas membaca dan menyaring informasi yang diterima? Enggak sedikit juga yang salah memberikan komentar sebuah gambar karena lalai membaca caption.

Minat baca memang tidak tumbuh begitu saja. Tapi harus dibiasakan sedari kecil. Sedikit sulit menumbuhkan minat baca dalam keluarga di zaman teknologi yang semakin canggih seperti saat ini. Memang kondisinya berbeda dengan ketika aku dulu. Saat aku kecil saingan dari membaca adalahTV. Tapi sekarang ini saingan membaca semakin banyak dengan adanya smartphone.
Meski aku belum berkeluarga, tapi boleh kan ya sesekali aku bikin tips parenting tentang minat baca. Soalnya aku sendiri juga suka miris sih melihat keponakan-keponakan aku yang kalau diajak baca buku terus jawabnya “Mendingan main game, kan ini waktu main bukan belajar.” Kesannya baca buku itu hanya di waktu belajar saja.

Langsung aja yuk, ini dia beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menumbuhkan minat baca dalam keluarga:

1.       Bacakan buku sebelum tidur

dreams.co.uk

Aku ingat betul, ketika aku masih belum bisa membaca, ibuku selalu membacakan buku sebelum tidur. Mungkin ini salah satu yang membuat aku akrab dengan buku. Meski belum bisa membaca, bukan berarti kita tidak bisa mengenalkan buku pada anak-anak. Dengan kita membiasakan membaca buku sebelum tidur, anak menjadi lebih akrab dengan buku dan secara tidak langsung menanamkan kebiasaan membaca sedini mungkin.

Biar lebih menarik, coba bacakan buku dengan gaya mendongeng. Biasanya anak-anak akan semakin semangat menyimak yang kita bacakan. Enggak waktu lama untuk membacakan buku, paling tidak 10-20 menit sudah cukup, agar anak tidak merasa bosan.

2.       Beri contoh kebiasaan membaca
Reading rocket

Orangtua adalah panutan anak-anaknya. Anak-anak akan mencontoh kebiasaan orangtuanya. Luangkan waktu untuk membiasakan membaca, agar anak-anak akan meniru kebiasaan kita ini. Jangan harap kita meminta agar anak senang membaca kalau kitanya sendiri tidak melakukan itu. Jangan lupa untuk memberikan pujian ketika anak-anak sedang membaca, karena kata-kata positif bisa membuat anak semakin semangat.

3.       Biarkan anak memilih bacaannya sendiri
round lake

Biarkan anak-anak memilih bacaannya sendiri yang sesuai dengan minatnya. Ajak mereka ke toko buku atau perpustakaan. Bantu mereka untuk memilih bacaan yang kiranya sesuai dengan yang mereka inginkan.


Aku masih ingat, aku membiasakan membaca secara bertahap. Dimulai dari buku-buku bergambar, kemudian aku mulai suka membaca komik, hingga akhirnya aku mulai suka membaca novel dan buku-buku yang isinya tulisan semua.

4.       Gunakan gadget
tempo.co

Anak-anak akrab dengan smartphone? Tidak masalah. Sekarang kegiatan membaca juga bisa dilakukan melalui smartphone. Sudah banyak e-book yang justru lebih menarik karena dilengkapi audio. Jadi selain membaca, anak-anak bisa ikut mendengarkan. Seru banget bukan?

5.       Buat ruang baca yang nyaman
dekoruma

Beberapa waktu lalu aku sempat melihat seorang desainer yang sedang hamil mempersiapkan kamar anaknya dengan rak buku. Asik juga itu, bahkan ketika masih dalam kandungan, ibunya sudah mempersiapkan rak buku.

Biar kegiatan membaca semakin menyenangkan memang sebaiknya ada ruang baca yang nyaman. Semacam perpustakaan mini, kalau memang memungkinkan space-nya. Tapi kalau pun tidak, paling tidak ada tempat duduk yang nyaman untuk membaca dan jauh dari suara televisi yang bisa mengganggu. Jangan lupa, cahaya di ruangan ini harus cukup terang agar bisa membaca dengan nyaman.

Nah itu tadi 5 tips dari aku tentang menumbuhkan minat baca dalam keluarga. Gimana menurut kalian? Ada tips lain enggak? Tinggalin di kolom komentar ya. Biar aku juga bisa belajar tentang parenting.

13 komentar untuk "Mau Anak-Anak Senang Membaca? Ikuti 5 Cara Ini Untuk Menumbuhkan Minat Baca dalam Keluarga"

  1. Apa yang selalu menjadi impian saya. As a new married couple. Pengen banget punya ruang baca atau rak buku. Dan memulai dari diri sendiri ehmm hingga kelak bisa membaca bersmaa dengan anak.
    .
    What a beautiful dream.
    .
    Salam kenal mb tulisan yang sangat bermanfaat 💖

    BalasHapus
  2. Sedari dalam kandungan, saya sudah membacakan berbagai cerita ke si kecil dan bersyukur sampai sekarang si kakak suka banget membaca mbak. Memang harus disertai dengan contoh dari orang tua juga.

    BalasHapus
  3. Bagus, nih, menumbuhkan minat baca sejak kecil. Mara udah makin siap aja, ya. Hehehehe..

    BalasHapus
  4. Saya sudah merasakan hasilnya nih waktu zaman si sulung dulu bener2 rajin ngedongengin dan membanjirinya dengan banyak buku... Alhamdulillah di usia 8 tahun sudah mengirim tulisan ke koran tanpa saya ketahui.... Alhamdulillah selain senang baca jd suka nulis :D

    BalasHapus
  5. Penting banget buatku membaca , biar nambah pengetahuan dan berwawasan luas . Iya apalagi jaman sekarang membaca bisa lewat gadget ga hanya buku saja. Semoga kita selalu memberikan contoh buat anak2 yaaa.

    BalasHapus
  6. Memang nggak semua anak doyan membaca buku meskipun buku anak2. Karena nggak terbiasa dibacakan buku oleh orang tuanya. Teman masa kecil saya ada yang begitu. Mau itu komik, atau majalah anak-anak, blas nggak suka membaca. Bisa membaca, tapi nggak suka.

    BalasHapus
  7. Makasih tips-tipsnya, saya sudah sering membacakan buku pada anak sebelum tidur, tapi kayaknya anak-anak masih males baca mungkin karena intensitas terhadap gadget lebih tinggi ya

    BalasHapus
  8. Ngiler punya ruang baca itu Mar.
    Tipsnya mantep banget ya, memang membaca harus dilatih

    BalasHapus
  9. Setuju sama tipsnya dan dulu waktu anak-anak masih kecil suka bacain buku sebelum tidur dan bener banget anak-anak jadi suka buku cerita sampai sekarang hehe.

    BalasHapus
  10. Iya kak...
    Ngefek banget kalau ruangan bacanya enak dan bener-bener dikelilingi oleh buku yang dibutuhkan anak. Mudah dijangkau dan pencahayaan nyaman.
    Jangan lupa untuk memberi contoh.
    hihii....memang terasa banget, Children do what Children see.

    BalasHapus
  11. Sejak anak-anak kecil selalu kubiasakan bacain dongeng sebelum tidur. So far yang hobi baca baru si kakak. Adeknya masih lebih seneng Free Fire-an dibandingin baca buku. :))

    BalasHapus
  12. Kebiasaan anak gemar membaca terbangun dari orang tua yang gemar membaca. Tipsnya oke, terima kasih sudah menuliskannya

    BalasHapus
  13. Makasih Mba sharingnya..aku pun juga berusaha menanamkan minat baca pada a ak sejak dini karena menurutku minat baca adalah modal untuk anak tumbuh dan bersaing saat dewasa nantj

    BalasHapus

Posting Komentar