5 Cara Menyingkapi Kondisi New Normal

pic by : Airmag


Selamat datang di kondisi new normal.  Dari awal Juni kemarin, pemerintah sudah mengumumkan kalau secara bertahap akan memulai kondisi new normal. Selamat tinggal sudah masa-maas PSBB, meski di sebagian tempat masih berlaku juga sih. Tapi intinya sih tetap menyesuaikan dengan keadaan yang ada.
Namanya juga new normal. Ada perubahan yang harus disesuaikan dalam keseharian kita. Karena kenyataannya kondisi belum memungkinkan untuk benar-benar kembali seperti kemarin-kemarin. Status masih masa pandemi, bahkan angka grafik pertambahkan virus corona masih terus menunjukkan peningkatan. Sampai beberapa hari yang lalu, Dokter Reisa Broto Asmoro, masih muncul setiap menjelang sore mengumumkan data-data terkait Covid-19 ini.

Idealnya sih memang new normal itu diterapkan ketika kurva infeksi sudah melandai.  Tapi kondisi ekonomi juga enggak mungkin dibiarkan terupuruk, sehingga mau enggak mau sejak awal Juni kemarin new normal mulai diberlakukan. Otomatis harusnya sih kita jadi lebih waspada lagi saat beraktivitas ya. Nah, apa saja sih yang harus diterapkan di kondisi new normal ini? Aku mau berbagi tips untuk menyingkapi new normal ini. Yuk, simak tipsnya.

1.       Persiapkan imun tubuh
Ketika imun tubuh lemah, rentan terhadap segala macam virus, bukan hanya corona. Karenanya, siapkan imun tubuh. Caranya dengan mengkonsumsi makan makanan yang sehat, rajin berolahraga, serta istirahat yang cukup. Jangan lupa untuk konsumsi multivitamin agar sistem kekebalan tubuh tetap maksimal.
Bila merasa sedang kurang fit,  sebaiknya jangan memaksakan diri untuk tetap beraktivitas di luar rumah. Istirahatkan dulu badan kita agar kembali sehat.

2.       Ikuti protokol kesehatan
Jaga jarak, pakai masker, rajin cuci tangan. 3 hal itu sudah sejak akhir Maret kemarin terus diingatkan oleh pemerintah untuk mengurangi resiko penularan covid-19 ini. Dan ketika masuk tahapan new normal, sejumlah transportasi umum juga sudah diatur posisi duduknya agar ada jarak antar penumpang.

3.       Waspada harus, parno jangan
Berita-berita menakutkan terkait virus corona ini tuh emang agak bikin parno sih. Padahal belum tentu semua berita itu benar. Kita memang harus tetap waspada, tapi jangan sampai bikin ketakutkan yang berlebihan. Cari berita dari sumber yang bisa dipercaya. Salah satunya makanya aku selalu mengupdate kondisi ini dari Dokter Reisa Broto Asmoro saat dia melakukan press confrence harian.
Sekarang ini memang sudah tidak ada lagi prescon harian, tapi Dokter Reisa Broto Asmoro tetap memberikan edukasi terkait penanganan virus corona ini kok.

4.       Bawa perlengkapan sendiri
Beberapa temanku cerita kalau sekarang rasanya bawaan jadi semakin banyak. Memang menyingkapi new normal ini, disarankan untuk membawa perlengkapan sendiri. Perlengkapan apa saja yang sebaiknya dibawa sendiri? Seperti peralatan shalat, sajadah dan mukena, peralatan makan, juga helm. Intinya sih, sebisa mungkin hindari menggunakan peralatan yang kiranya digunakan oleh orang lain juga. Ingat, kita tetap harus waspada bukan?

5.       Keluar rumah hanya untuk di saat penting
Tetap yang terbaik kalau bisa sih di rumah aja dulu. Kegiatan di luar rumah sebisa mungkin tetap dibatasi, hanya untuk urusan-urusan yang memang tidak mungkin dilakukan dari rumah dan harus segera diselesaikan.
Café dan mall memang sudah mulai dibuka juga di new normal ini. Tapi ya itu tadi, sebaiknya tetap membatasi diri untuk keluar rumah. Soal belanja kebutuhan sehari-hari juga ada baiknya buat stock untuk beberapa hari, biar enggak terlalu sering keluar rumahnya. Buat catatan belanja, dan jangan terlalu lama juga di sananya. Kalau bisa belanja secara online lebih baik lagi.

5 hal itu yang sebaiknya kita terapkan di kondisi new normal life sekarang ini. Ingat, jangan takut berlebihan, tapi tetap harus waspada. Stay safe and healthy ya semuanya.


Tidak ada komentar untuk "5 Cara Menyingkapi Kondisi New Normal"