Cara Mengatasi Insomnia Biar Siang Hari Bisa Produktif Beraktivitas


Hay, gimana dengan aktivitasnya di new normal ini? Sudah benar-benar seperti biasa lagi kah? Kalau aku semenjak masa pandemi ngerasa ada yang semakin terganggu. Jam tidur. Ya emang sih biasanya aku juga suka mengalami insomnia, tapi beneran deh. Semenjak masa pandemi rasanya insomnia aku semakin parah.
Buat yang mungkin belum familiar dengan insomnia, insomnia itu merupakan salah satu jenis gangguan tidur yang membuat penderitanya mengalami susah tidur, juga mudah terbangun. Dengan kata lain, kalau pun tidur, rasanya tuh enggak bisa pules.
Akhirnya ya aku rasanya cepat capek. Energi aku tuh kaya cepet banget abisnya. Mood aku ambyar. Gampang banget berubah dari senang ke sedih ke marah ke senang lagi, dan begitu terus. Enggak nyaman? Banget. Padahal kan aku harus bekerja dan berkarya sejak pagi hari.
Insomnia sendiri yang aku tahu penyebabnya beragam. Ada yang karena kondisi kamar yang kurang nyaman, efek samping obat, kebanyakan tidur siang, juga gangguan psikologi. Lantas apa yang sebaiknya dilakukan bila mengalami insomnia?

5 Cara Mengatasi Insomnia

1.       Olahraga yang rutin


Olahraga ternyata bisa meningkatkan kuliatas tidur lho. Olahraga yang dilakukan dengan rutin memang sudah terbukti bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bukan hanya membuat tubuh ini semakin terlihat ideal, tapi olahraga juga bisa bikin kita suasana hati lebih bahagia. Tapi hindari olahraga sebelum tidur ya. Paling tidak kalaupun kamu hanya bisa olahraga di malam hari, lakukan 3 jam sebelum jam istirahat.

2.       Ubah suasana kamar


Suasana kamar yang kurang nyaman ternyata bisa juga menjadi penyebab insomnia. Karenanya enggak ada salahnya untuk mencoba mengubah suasana kamar. Kamar yang terlalu terang dan bersisik bisa membuat susah tidur. Jika itu yang kamu rasakan, coba ganti lampu kamar dengan lampu yang lebih redup. Selain itu jangan lupa atur suhu kamar agar tidak terlalu panas ataupun dingin. Buat suasana yang nyaman untuk kamu bisa tertidur pulas. Biar tidur kamu semakin  nyaman tanpa ada gangguan, matikan gadget sebelum tidur.

3.        Hindari kafein sebelum tidur


Ngopi itu mungkin sebaiknya dilakukan pagi atau siang hari, biar mata melek. Tapi kadang aku juga suka minum kopi di sore atau malam hari. Biasanya gara-gara diajakin nongkrong sama teman-teman. Nah ini dia nih yang suka jadi salah satu penyebab insomnia. Makanya sebisa mungkin hindari minum kopi atau minuman lainnya yang mengandung kafein ya.

Selain itu juga bisakan untuk makan malam terlalu larut. Sebaiknya hindari makan malam 2 jam sebelum waktu tidur. Porsi makan malam juga jangan terlalu banyak, dan kalau bisa jangan makan makanan terlalu asam dan pedas di malam hari.

4.       Jangan tidur siang terlalu lama

Tidur siang itu bukannya enggak boleh, boleh boleh aja dilakukan. Tapi jangan terlalu lama juga. Memang sih seringkali karena malamnya enggak bisa tidur, akhirnya mengganti jam tidur di siang hari.
30-40 menit adalah waktu yang cukup untuk jam tidur siang. Bukan hanya membuat badan segar kembali, tidur siang setengah jam bisa membantu meningkatkan produktivitas saat bekerja.

5.       Minta bantuan ahli

Bila dirasa masalah insomnia ini sudah sangat mengganggu, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan dari ahlinya. Mungkin semua cara sudah kamu coba untuk mengatasi masalah gangguan tidur ini, tapi kamu masih tetap kesulitan untuk bisa tidur yang nyaman, segera konsultasikan ke dokter.

Sekarang ini untuk konsultasi ke dokter udah enggak ribet lagi kok. Sudah pada tahu belum tentang Halodoc? Sudah pada ada aplikasi Halodoc belum di handphone kalian? Nah, Halodoc ini merupakan aplikasi untuk memudahkan penggunanya mendapatkan akses kesehatan. Mulai dari menyediakan artikel-artikel seputar kesehatan, memudahkan untuk berkonsultasi dengan dokter secara online, membantu membuat janji dokter di rumah sakit, membeli obat secara online, bahkan hingga pendaftaran rapid test semua bisa dilakukan melalui Halodoc ini.

Soal kesehatan memang tidak boleh dianggap sepele. Harus selalu menjadi perhatian utama. Ganguan tidur seperti insomnia, gangguan tidur berjalan, kelumpuhan tidur, hingga obstructive sleep apnea bukanlah hal yang harus disepelakan. Justru sebaiknya segera disembuhkan sebelum kondisi semakin parah.

Nah, itu tadi 5 cara mengatasi insomnia yang aku tahu. Mungkin ada yang mau menambahkan lagi tipsnya? Silakan tuliskan di kolom komentar ya. Semoga semuanya pada bisa tidur dengan nyenyak, biar selalu semangat beraktivitas.

1 komentar untuk "Cara Mengatasi Insomnia Biar Siang Hari Bisa Produktif Beraktivitas "

  1. saya susahnya tidur siang, karena g ada waktunya
    hehe
    kerja soalnya

    BalasHapus

Posting Komentar