Laptop AI ASUS , ASUS Zenbook DUO UX8406 dan ASUS Zenbook S13 OLED UX5304


Lagi-lagi ASUS gag ada matinya, baru bulan Februari ASUS memperkenalkan Gadged baru di Semarang kini ASUS berulah lagi dengan memperkenalkan kembali jajaran Laptop mereka yang temuktakhir yaitu berbasis AI.

Hadir dengan sistem operasi Windows 11 Home, jajaran laptop terbaru ASUS AI juga merupakan laptop berfitur Copilot untuk dukungan AI. Copilot di Windows 11 melengkapi keahlian dan kreativitas pemilik dengan bantuan kecerdasan serta jawaban relevan. Keberadaan NPU akan membantu pemrosesan AI di laptop menjadi lebih efisien,

Salah satu jajaran laptop berbasis AI yang mencuri perhatianku adalah ASUS layar ganda Zenbook DUO UX8406.

ASUS Zenbook DUO UX8406


Spesifikasi ASUS Zenbook DUO UX8406

Zenbook DUO UX8406 dtenagai oleh prosesor Intel® Core™ Ultra Series yang di dalamnya sudah dibekali Intel® AI Boost NPU dan chip grafis Intel® Arc™, sehingga perangkat ini juga tampil sebagai laptop ASUS AI. Zenbook DUO UX8406 ditenagai oleh Windows 11 dan didukung Copilot untuk pengalaman AI sekaligus multitasking tak tertandingi. Zenbook DUO UX8406

Meski memiliki dua layar, ASUS Zenbook DUO UX8406 tetap mempunyai bobot yang ringan di angka 1,35 kg tanpa keyboard dan 1,65 kg jika dengan keyboard. Cukup tipis juga di angka 14,6 mm, tapi ASUS masih menyediakan port yang lengkap dengan 2x Thunderbolt 4 USB-C, 1x USB-A 3.2 Gen 1, 3.5mm audio jack, dan bahkan masih tersedia port HDMI 2.1 standar.

Baterainya sendiri berkapasitas 75Wh, yang diklaim dapat bertahan hingga 10 jam ketika menggunakan kedua layarnya. Dilengkapi pula konektivitas Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.3. Sementara itu, kualitas speaker juga sudah tersertifikasi harman/kardon dan tak ketinggalan sertifikasi daya tahan MIL-STD 810H.

Mode Penggunaan ASUS Zenbook DUO UX8406


ASUS Zenbook DUO (UX8406) dibekali dengan keyboard yang dapat dilepas (detachable), sehingga tidak hanya memudahkan laptop ini untuk di bawa bepergian tapi juga dapat menawarkan fleksibilitas tinggi. Ada lima mode skenario penggunaan.

Yang pertama tentu ada Laptop Mode dengan keyboard dan mouse, Laptop Mode + Virtual Keyboard, Dual Screen Mode + Keyboard, Desktop Mode dengan dua layar vertikal yang luas (19,8 inci), dan Sharing Mode yang akan menampilkan tampilan yang sama di kedua layar.

ASUS juga melengkapinya dengan software ScreenExpert yang memungkinkan pengguna memanfaatkan berbagai gesture untuk menampilkan virtual keyboard, mengganti mode layar, hingga menjalankan banyak aplikasi lewat jari-jari kalian yang bersentuhan di layar. Semua itu dapat dilakukan tanpa bantuan mouse ataupun touchpad.

ASUS Zenbook S 13 OLED UX5304


Yang Kedua menarik perhatianku adalah ASUS Zenbook S 13 OLED UX5304, karena Laptop ini merupakan laptop AI paling tipis, ringan, dan simple, benar-benar laptop idaman wanita. Zenboom S13 OLED  UX5304 memiliki bobot hanya 1 kg, Zenbook S 13 OLED UX5304 juga ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ Ultra Series dan didukung Windows 11 serta Copilot, sehingga laptop ini juga merupakan laptop ASUS AI yang paling portabel.

Keunikan lain yang dimiliki oleh Zenbook S 13 OLED (UX5304) adalah material yang digunakannya. Bagian belakang layar laptop ini dibuat menggunakan bahan Plasma Ceramic Aluminium yang diproses secara khusus. Kelebihannya adalah bahan tersebut tidak melibatkan cairan kimia sama sekali, sehingga sangat ramah terhadap lingkungan. Hal tersebut diperkuat dengan berbagai sertifikasi ramah lingkungan yang dinobatkan untuk Zenbook S 13 OLED (UX5304).

Mara solehah
Mara solehah hy, mara lahir di semarang, sukanya jalan-jalan dan makan :p IG,TW,FB : @marasolehah

1 comment for "Laptop AI ASUS , ASUS Zenbook DUO UX8406 dan ASUS Zenbook S13 OLED UX5304 "

  1. Terimakasih reviewnya. Sedang cari laptop bagus, sudah hampir 10 tahun belum ganti

    ReplyDelete

Post a Comment