Generasi Penerus Bangsa yang Kreatif di Masa Pandemi

 


Hai apa kabar, wah asiknya yang dapat long weekend, pada kemana nih? Kalau aku sih di rumah aja, selain karena pandemi  ya karena harus tetep cari duit hehehe. Kalau dulu nih libur panjang gini pasti orang-orang sudah pamer poto liburan dengan cantiknya, sekarang? Masih ada yang tetap liburan sih, tapi pamer foto dengan asesoris eh masker sebagai protocol kesehatan.

                                        


Di penghujung bulan oktober dan liburan panjang begini, pada ingat gak sih kalau tanggal 28 Oktober kemarin memperingati hari Sumpah Pemuda. Hayolo.. pada ingat gak? Kalau di masa-masa normal, anak-anak sekolah di ingatkan dengan upacara, kalau masa pandemi dan libur panjang begini ingat gak tuh?

Di tahun 2020 ini Sumpah Pemuda jatuh hitungan ke-92 tahun. Sebagai generasi penerus bangsa yang katanya kita ini sebagai generasi minellial yang dipertanyakan apa sumbangsih aku, kamu, kita kepada Indonesia oleh mantan Presiden, akupun jadi berfikir apa sumbangsihku? Apa karyaku?

Di tahun ini gempuran masalah kita hadapi bertubi-tubi, termasuk pandemi yang tak kunjung berakhir. Pemuda pemudi Indonesia kembali menghadapi persoalan pelik, pendidikan yang terhadang pandemi, usaha yang  surut bahkan ada yang bangkrut, banyak PHK dan segala sektor terpuruk karena covid-19. Termasuk aku, usahaku tiba-tiba anjlok 50% diawal pandemi, job-job tidak ada yang mampir juga saat itu. Tapi….tentu aku tidak patah semangat

 

Kreatif di Era Pandemi

Teknologi menjadi salah satu penolong  dimasa Pandemi, aku sangat berterimakasih dengan ini, terutama internet. Bagaimana tidak? Saat jualan offline sepi karena orang-orang membatasi aktivitas keluar rumah, aku harus putar otak dan sekreatif mungkin dan akhirnya orderan online-kupun kebanjiran. Kini aku sudah memiliki 3 pegawai, Alhamdulillah meski belum bisa memberi jasa besar kepada Negara setidaknya sudah membantu 3 orang yang terdampak pandemi  juga.

 

Di era teknologi yang semakin canggih ini generasi penerus bangsa bisa terus berkarya meski harus membatasi kegiatan, karya seperi apa?  membuat konten maybe. Banyak orang-orang sekitarku yang tetap kreatif dan produktif dalam membuat konten youtube, blog, juga instagram. Mereka memperkenalkan dunia yang mereka geluti di social media, seperti yang baru booming,bercocok tanam . Adapun yang meng-Up konten wisata, agar wisata Indonesia ini lebih dikenal oleh kalayak luas. Selain itu ada juga loh yang jadi rajin upload makanan sehat dan tutorial olahraga di rumah.

 


Dimasa covid-19 ini banyak yang jadi sadar akan kesehatan demi upaya meningkatkan imun tubuh, seperti sering cuci tangan memakai sabun, dan paling banyak digandrungi adalah bersepeda. Kalau aku cara meningkatkan imun tubuhku selain mengubah isi piring dengan makanan sehat aku olahraganya cukup jalan kaki dan workout ringan nyontek di youtube. Yang penting kita itu harus tetap menjaga pola hidup sehat.

 


Kalian sudah tau sembutopia kan? Sembutopia merupakan sebuah gerakan yang mengajak masyarakat Indonesia untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat. Dan Founder Sembutopia Kafi Kurnia mengatakan,”Mpu Peniti, orang yang saya hormati, telah jauh hari mengetahui bahwa bencana global akan terjadi. Saya sudah lama diwanti-wanti untuk mengajak generasi muda  selalu menyebarkan hal baik, terkait pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan baik untuk tubuh. Moment ini adalah saat tepat bagi kita bersama untuk bersama bangkit dan terus semangat menghadapi segala masalah, termasuk pandemi global.”

 

Setuju banget sih sama Pak Kafi Kurnia. Dalam moment sumpah pemud ini harusnya menjadi suntikan semangat dan harapan kepada sesama generasi muda untuk terus bersatu, menghilangkan segala perbedaan, peduli sesama, terus melangkah bergerak bersama.

 

Mara solehah
Mara solehah hy, mara lahir di semarang, sukanya jalan-jalan dan makan :p IG,TW,FB : @marasolehah

Tidak ada komentar untuk "Generasi Penerus Bangsa yang Kreatif di Masa Pandemi"