Menghasilkan Pundi-Pundi dari Social Media

sumber : freepic

Maret 2020, bulan dimana aku  hepi-hepi di pulau seberang malah terdengar berita adanya kasus cov-19 pertama di Indonesia. Hah untung aku di sana cuma sampai tanggal 11 maret dan di pertengahan bulan maret sudah tidak ada lagi penerbangan menuju dan keluar pulau itu. Rasanya lega sudah sampai kota tercinta tanpa harus melalui proses yang panjang.

Pandemi yang sampai sekarang belum selesai juga memang bikin stress banyak orang, banyak para pengusaha mengalami pailit hingga merumahkan para pekerjanya.  Namun setiap musibah harus dicari solusi dan hikmahnya bukan?

Sadar gak kalian? Di era pandemic ini banyak orang yang menggantungkan penghasilan dari social media entah dibuat promosi dagangan ataupun dengan menjadi konten kreator. Salah satu konten kreator atau seleb tiktok yang mendunia secara tiba-tiba  saat pandemic adalah Khaby Lame yang memiliki akun @khaby.lame. Khaby merupakan korban pandemic yang dipecat dari pekerjaanya kemudian iseng membuat konten tiktok yang mematahkan DIY life hack tak berguna dengan muka datar,yak muka datar yang iconic.



Di umurnya yang ke 21 tahun, kepopuleran Khaby Lame berhasil melampaui Gianluca Vacchi, dan menjadikannya Tiktoker Italia dengan pengikut terbanyak.

Menurut Starsunfolded, Khaby Lame bisa mengantongi menghasilkan antara $ 13.380 hingga $ 22.300 dolar (sekitar Rp361 miliar) per satu kali posting. Gilak gak tuuuuh!!!!!!

Oke itu adalah salah satu artis tiktok yang mendunia, bagaimana dengan yang di Indonesia? Kalian tau akun @bobocu? Konten creator ini terkenal bebarengan dengan drakor True Beauty karena aksinya saat meniru artis korea yang bermain di drama itu.



Bobocu yang bernama asli Yogi hadi  pertama kali dikenal dengan kepiawaiannya  dalam membuat video transisinya menjadi han Seo Jun dan  memadupadankan outfit cosplay ala Korea yang keren. Ia kerap menggunakan outfit berupa jas, kemeja hitam, anting rantai, dan juga masker hitam yang tak pernah ketinggalan.

Dan tau gak? salah satu videonya yang mengikuti trend Simple Dimple dipilih untuk tampil di billboard Tokyo, Jepang. Gilak gak tuh!!

 

Dari 2 contoh konten creator tiktok diatas, pandemic tak melulu musibah kita harus mencari peluang untuk berkarya sekreatif mungkin. Jangankan kita, banyak artis terkenalpun merambah dunia social media seperti youtube untuk mencari nafkah. Berikut adalah macam-macam social media yang bisa kamu rambah untuk memupuk pundi-pundi


1. Instagram



Instagram banyak disukai oleh masyarakat karena platform ini lebih banyak menyediakan visual daripada hanya teks yang membosankan. Namun, kamu harus tetap mebubuhkan caption yang menarik dan informatif. Banyak konten creator yang lahir dari Instagram dan terkenal menjadi selebgram yang kemudian bajir endorsan.

2.    Facebook




Facebook sudah merajai dunia persosmedan, sebelum marketplace dikenal banyak orang jualan di facebook sangat menjanjikan. Facebook kini telah mencaplok Instagram dan kamu bisa membuat konten bersponsor melalui platform Facebook sekaligus dihubungkan dengan Instagram, dan fasilitas ini bernama Facebook Ads.

YouTube


Youtube lebih dari sekedar Tv, aku setuju. Banyak hal informative yang bisa kita dapatkan dari Youtube, apalagi sekarang banyak influencer di  YouTube dan berlomba-lomba membuat konten menarik untuk menarik para penonton. Pendapatan dari Youtube sangat menjanjikan, bahkan banyak artis yang menjadi konten creator di sosial media ini seperti Raffi Ahmad, Baim Wong dan masih banyak lagi tentunya. Pendapatan dari Youtube selain dari endorsan juga dari Adsense.

4.    Blog



Blog atau website bisa buat memupuk pundi-pundi rupiah juga tentunya, bisa dari adsense, lomba-lomba ataupun endorsan. Banyak brand yang membayar bloger untuk mengulas tentang produk mereka dan di posting di blog, hal ini bisa menguntungkan brand karena ulasan itu memberikan informasi yang tepat untuk pembaca hingga pembaca tertarik untuk mengenal dan membeli produk tersebut.

5.    Tiktok


Banyak konten creator bermunculan dari tiktok , memang tiktok tidak menhasilkan uang dari adsense namun banyak brand melirik tiktok untuk mengendors daganganya. Sebut saja yang terkenal selain 2 tokoh diatas, ada Cimoy, Kekeyi dan tentunya masih banyak lagi. Tiktok ini sampai kedepannya adalah platform paling menguntungkan para konten creator.

6.    Twitter


Hanya berisi cuitan bukan berarti tak bisa menghasilkan uang bukan? Twitter masih jadi lading bisnis sebuah brand untuk menaikkan awareness mereka dengan membuat trending topic, dan biasanya brand ini membayar banyak buzzer untuk menaikkan trending topic ini.


The Power of Social Media memang menakjubkan, apalagi di era pandemic ini, menjadi konten creator bisa menjadi lahan rejeki. Namun untuk mengumpulkan pundi-pundi dari social media diawal memang tidak mudah, harus berkerja keras, jadi diri sendiri, konsisten dan bisa membentuk personal branding agar kamu tau mau dikenal seperti apakah dirimu di mata orang-orang.

 

 

Mara solehah
Mara solehah hy, mara lahir di semarang, sukanya jalan-jalan dan makan :p IG,TW,FB : @marasolehah

1 comment for "Menghasilkan Pundi-Pundi dari Social Media"

  1. Tidak ada yang tahu kapan kita hits dan jadi viral. Ya sudah berusaha aja bikin konten.

    ReplyDelete

Post a Comment