7 Tips Cara Mengatur Keuangan ala Aku



Akhir tahun gini biasanya sudah penuh resolusi untuk tahun depan, tapi dari tahun ke tahun resolusi selalu sama dan gak pernah kewujud. Tahun depan aku mau bikin resolusi yang berbeda aja lah,yaitu aku mau jadi manusia yang hemat dan bisa mengatur keuangan. Bagiku mengatur keuangan itu susah, susah banget. Apalagi kalau uang-uang itu ada dalam rekening, buka marketplace langsung deh checkout-checkout belanjaan. Tapi semakin hari semakin sadar, mulai kapan aku bisa berhemat dan mengatur keuangan? Padahal semakin tua kebutuhan semakin banyak, kesehatan juga semakin menurun, sedang sampai saat ini belum ada anggaran untuk kesehatan, mengandalkan BPJS? Oh no, jangan. Aku harus ada anggaran lain. Dan ini adalah 7 tips cara mengatur keuangan ala aku yang sudah aku gunakan  sejak beberapa  bulan yang lalu. 

  1. Paksakan untuk menabung

Untuk aku yang pendapatannya harian, menabung itu susah, harus dipaksa seperti ikut arisan,jadi setiap hari aku setor arisan sebelum melakukan pengeluaran harian.  Kalau buat kamu yang pendapatannya bulanan dari gaji bisaloh sisihkan dulu gaji berapa persen untuk ditabung baru untuk keperluan lain. 


  1. Catat keuangan harian

Selalu catat keuangan harian, pengeluaran juga pemasukan tanpa terlewat agar bisa terkontrol dan tak melampaui target harian. Cara ini membantuku mengetahui kemana saja uang yang kugunakan selama ini, ini juga dapat membantuku menganalisa barang-barang apa saja yang sebenarnya tidak harus aku beli di waktu yang akan datang. Dan ternyata selama ini pengeluaran terbanyakku berasal dari konsumsi harian. 


  1. Dahulukan bayar tagihan 

Saat ada uang yang cukup langsung buat bayar tagihan meski belum saatnya jatuh tempo, seperti tagihan listrik, air, kartu kredit atau tagihan lainnya, jadi  uang itu tidak terpakai untuk hal-hal lain yang bersifat konsumtif. 


  1. Punya 2 rekening atau lebih

Memiliki dua rekening bank yang berbeda ini juga sangat membantu. Gunakan satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari  seperti, menerima gaji, membayar tagihan, dan belanja. Dan untuk rekening lain dapat  digunakan khusus untuk menabung. 


  1. Investasi

Selain menabung, investasi ini juga harus dipaksa loh. Aku saat duit di tabungan berlebih langsung aku transfer ke RDN untuk membeli saham. Ingatlah menabung saja tidak bisa kaya karena tergerus inflasi. Jadi investasi ini bagus banget buat jangka panjang. 


  1. Dana darurat

Jangan lupa selalu sisihkan uang untuk dana darurat, entah uang ini akan berguna saat tiba-tiba sakit atau saat tiba-tiba harus keluar dari pekerjaan dan belum memiliki sumber pendapatan lain. 


  1. Jangan pinjamkan uang

Pernah dengar tidak jangan pinjamkan uang ke teman kalau tidak mau kehilangan teman? Iyah ini benar banget aku kehilangan teman gara-gara meminjaminya. Hubungan jadi canggung dan hancur. Lalu jika kamu memang berniat meminjamkannya, kamu harus ikhlas dulu uang itu tidak pernah kembali lagi. 


Dengan 7 tips ini harusnya aku sudah bisa mengatur keuanganku. Tapi seringkali khilaf belanja, yah namanya juga masih single belum memiliki banyak kebutuhan dan tanggungan tapi setidaknya dengan mengatur beberapa bulan ini aku sudah memiliki tabungan dan investasi. Semoga 7 tips cara mengatur duit ala aku ini bisa membantu kamu mengatur keuanganmu juga ya. 

Mara solehah
Mara solehah hy, mara lahir di semarang, sukanya jalan-jalan dan makan :p IG,TW,FB : @marasolehah