Manfaat Vaksin untuk Memutus Mata Rantai Pandemi

 



Desember benar-benar tinggal hitungan hari lagi, 2020 tahu-tahu sudah mau habis saja tanpa terasa. Biasanya menjelang akhir tahun gini aku sudah tak sabar menanti rencana traveling. Kerja semangat menuju liburan, tanpa harus merasa khawatir apa pun. Beda banget sama kondisi saat ini.

Rencana traveling ada, tapi rasa khawatir terus menghantui. Lihat berita kok kondisinya masih belum membaik ya. Apalagi kemarin pemerintah baru mengumumkan wajib tes PCR untuk pergi naik pesawat dan tes rapid antigen untuk perjalanan darat. Budget traveling makin bengkak ini sih.

Harapan aku pasti sama dengan semua orang, agar masa pandemi ini bisa segera berakhir, biar bisa bebas pergi-pergi dan beraktivitas kembali normal seperti satu tahun lalu. Aku kangen banget dengan kondisi normal seperti sebelumnya.

Meski berat, tapi aku cukup optimis kok kalau kondisi masa pandemi ini akan segera berakhir. Apalagi beberapa minggu yang lalu pemerintah juga sudah mengumumkan kalau  vaksin untuk virus corona sudah tiba di Indonesia, sebuah harapan agar masa pandemi bisa segera berlalu.

Dari awal masa pandemi, kehadiran vaksin sudah dinanti-nantikan. Mungkin buat yang belum ada bayangan, apa sih vaksin itu, vaksin merupakan zat atau senyawa yang memiliki fungsi untuk daya tahan tubuh terhadap virus tertentu. Vaksin  mengandung virus atau bakteri yang masih hidup ataupun sudah dilemahkan. Diharapkan dengan melakukan vaksinasi secara masif, masa pandemi ini bisa segera berakhir.

Kenapa sih diperlukan vaksin? Apa enggak cukup dengan hanya menerapkan protokol kesehatan saja seperti sekarang ini? Kalau dari pengalaman aku saat ini ya, sepertinya memang akan lebih baik dengan adanya vaksin. Ada beberapa manfaat dari vaksin dibanding dengan terus menerus menerapkan protokol kesehatan. Ini nih, dua manfaat dari vaksin menurut aku:

1.       Mencegah penyebaran penyakit

Ini jelas manfaat yang paling utama. Dengan adanya vaksinisasi, penyebaran virus Corona ini bisa dicegah. Sekarang ini yang paling ngeri itu adalah OTG (Orang Tanpa Gejala). Kita merasa sehat, kita melihat orang itu sehat, tapi ternyata tanpa disadari bisa berpotensi menularkan virus Corona. Ngeri banget kan?

Makanya kalau sudah ada vaksinasi, tentunya penyebaran penyakit ini bisa lebih dicegah lagi. Dengan semakin banyaknya orang yang divaksin, bukan enggak mungkin virus Corona ini bisa hilang.

2.       Menghemat biaya

Vaksin mahal? Lebih mahal kalau harus bolak-balik tes PCR atau SWAB tes. Apalagi kalau rencana perjalanannya cukup panjang. Harus tes sebelum berangkat, dan saat hendak kembali pulang tes lagi. Ini benar-benar menguras isi saldo rekening aku rasanya. Tuh kan aku jadi curhat deh.

Kalau dibilang ya enggak usah pergi juga ada kalanya memang harus berpergian. Mau gimana dong? Enggak semua orang kan bisa benar-benar di rumah aja. Makanya aku berharap banget agar vaksin ini bisa segera dilakukan. Karena vaksin ini bisa untuk jangka waktu yang cukup panjang. Tapi ya kalau bisa gratis sih tetap lebih baik tentunya.

Kemajuan di bidang apa pun memang sebaiknya jangan langsung berburuk sangka sih. Termasuk kemajuan di bidang kedokteran seperti Vaksin Sinochem, ini juga harus diapreasi.

Salah satu terobosan teknologi yang aku rasa banyak manfaatnya adalah Halodoc. Bayangkan saja, dengan adanya Halodoc ini kita akses kesehatan bisa didapatkan  cukup melalui aplikasi Halodoc yang ada di smartphone. Mulai dari konsultasi dengan dokter, membeli obat, daftar dokter, daftar rapid test, bahkan mungkin nanti untuk pendaftaran melakukan vaksinasi juga bisa bisa dilakukan melalui Halodoc.

Urusan yang biasanya memakan banyak waktu jadi terasa lebih mudah. Apalagi di masa pandemi ini yang memang sebaiknya lebih banyak di rumah aja untuk mengurangi interaksi dengan banyak orang. Berkat menggunakan Halodoc bikin enggak ribet dan lebih hemat waktu. Kalian sudah pada menginstal aplikasi Halodoc di smartphone belum?

 

Mara solehah
Mara solehah hy, mara lahir di semarang, sukanya jalan-jalan dan makan :p IG,TW,FB : @marasolehah

14 komentar untuk "Manfaat Vaksin untuk Memutus Mata Rantai Pandemi"

  1. Semoga vaksin Covid bisa jadi solusi ya kak. Udah jenuh banget nih ndekem di rumah. Pengen ketemu orang lagi tanpa rasa was-was

    BalasHapus
  2. Vaksin yang dinanti. Di klinikku udah mulai didata tenaga kesehatan calon penerima vaksin, semoga bisa segera di distribusikan..

    BalasHapus
  3. Iya mbak, mo kemana-mana masih mikir. Semoga vaksin bisa menghambat dan tetap selalu patuhi protokol kesehatan ya

    BalasHapus
  4. Semoga kita segera dapat juga vaksinnya.
    Cakep banget nih infonya. Dan sangat bermanfaat. Thank for sharing ya

    BalasHapus
  5. Mudah-mudahan vaksin yang disupport pemerintah bisa membantu menekan laju penularan Corona.
    Aamiin ya Allah
    Semangat sehat untuk kita semua ^^

    BalasHapus
  6. Beberapa waktu lalu sudah mulai mendata sih warga yang mau dapat vaksin siapa saja. Dengar2 januari sudah mulai didistribusikan yaa. Semoga saja vaksin ini bisa menjadi sarana untuk mencegah penyebaran virus semakin luas. Dan bisa bye2 pandemi segera. Aamiin

    BalasHapus
  7. Iya mbak..Ndak semua kita bisa terus2an berada d rmh ada aktivitas yg memaksa kita untuk tetap keluar meski situasi pandemi. Alhamdulillah ada kabar baik vaksin sdh mulai keluar ya...smoga semua bs normal kembali

    BalasHapus
  8. Semoga kita bisa segera mendapatkan vaksinnya dan segera terbebas dari pandemi. Pengen segera bisa kerja sambil jalan-jalan lagi nih

    BalasHapus
  9. Semoga vaksin yg ditunggu2 ni beneran ampuh menghempas cobid 19 ya. Dan yg paling penting aman dan kandungannya halal jd penerimanya mantab.

    BalasHapus
  10. Harus ada prioritas ya pemberian vaksin, terutama vaksinasi yang katanya ada jatah gratis. Lebih baik diutamakan yang tenaga medis dan orang-orang yang punya komorbid dulu ya.

    BalasHapus
  11. Iya betul, biaya bolak balik tes dibanding vaksin lebih mahal yg tes, Mbak. Alhamdulillaah ya Mbak, udah ada vaksinnya skrg. Bikin hati jd lbh tenang dan lbh hemat biaya. Dan aplikasi halodoc bener2 bantu banget di masa pandemi ini. Ak sering bgt pakai Mbak utk konsuktasi dan tanya2.

    BalasHapus
  12. Semoga vaksin ini memang jadi salah satu solusi buat kurangin persebaran virus ini ya mbak, karena nggak bisa dipungkiri juga kalo banyak sektor yg mulai merugi

    BalasHapus
  13. Kuharap ini jd solusi spy covid segera hengkang dari muka bumi. Udh bosen jg terkungkung nih

    BalasHapus
  14. Udah lelaaah yaaa sama corona ini moga vaksinnya bener-bener ampuh, dan semua dimampukan utk mendapatkannya, biar bisa aktivitas kaya dulu lagi.

    BalasHapus

Posting Komentar