Kopdar Investarian 2: Investasi untuk Rencanakan Masa Depan

By Mara solehah - Februari 06, 2019


Anak muda kudu melek investasi, ya gak sih ? Iya dooong. Karena untuk merencanakan masa depan nabung saja gak bakal bisa melawan inflasi loh. Nabung itu pertahun bunganya paling gede 5% Sedang inflasi juga segitu, yah impas dong ? Apalagi yg bunga dibawah 5% rugi kan.

Jadi harus bagaimana ? Investasi dong !!
Loh bukanya investasi itu beresiko ? Iya.. Tapi jika punya tujuan yang jelas dan disiplin,  resiko bisa dikelola sehingga tujuan hari esok dapat terwujud loh.

12 januari 2019, kopdar Investarian bersama reksadana Manulife yang ke-2 di Semarang, tapi aku baru sempat ikut dan acara ini benar-benar membuka mataku untuk sadar berinvestasi.


Investasi itu banyak macamnya, salah satunya bisa di pasar modal. Pasar modal itu tempat bertemunya yang punya modal dan yang butuh modal. Seperti layaknya pasar, tempat bertemunya penjual dan pembeli ya kan. Dalam pasar modal ada tang namanya saham dan obligasi. Obligasi ini kalau kita membeli, berarti kita sama dengan memberikan hutang kepada perusahaan tersebut tanpa adanya kepemilikan. Sedangkan saham, kalau kita membeli sepersekian kecil saja berarti kita sudah memiliki kepemilikan di perusahaan tersebut. Asik kan ?

Reksa Dana

Aku awam banget nih soal reksa dana,  entah kenapa pas kuliah aku bingung dengan yang satu ini. Tapi pas acara Manulife aku baru mudeng kalau reksadana itu ternyata merupakan program investasi yang menggabungkan modal dari banyak investor, dan berinvestasi pada beragam instrumen , serta dikelola secara profesional oleh perusahaan pengelola aset atau bisa disebut Manager Investasi.

Reksa dana sendiri memiliki banyak jenis, diantaranya
1. Reksa dana Pasar Uang
2. Reksa dana Pendapatan Tetap
3. Reksa dana Campuran
4. Reksa dana Saham


Mau invest di reksadana yang mana?  Sebelum memutuskan membeli reksadana, sebaiknya tentukan tujuanmu dulu "Apa" "Kapan" dan "Berapa"

Apa,  Tujuanmu apa?  Kuliah S2? Nikah?  Teavelling?  Atau pendidikan anak?

Kapan,  kapan tujuanmu ini ingin kamu lakukan? 3th lagi kah,  5th lagi,  atau 20th lagi? Waktu ini bakal menentukan kamu mau beli reksadana yang mana loh.

Berapa, berapa yang harus kamu kumpulkan dalam jangka waktu tersebut?

Contoh :


Cara berhitungnya bagaimana?  Tenang, nanti akan dibantu pihak Manulife. 

Tidak ada waktu datang ke kantor?  Bisaloh daftar ke www.klikmami.com dan livechat di web tersebut. 


  • Share:

You Might Also Like

20 komentar

  1. Wah aku awam banget nih ttg investasi begini.. mau ikut belajar dong..

    BalasHapus
  2. Aku masih blm paham soal reksadana. Makanya kalau mau inves kudu cari tempat yang bener2 cocok dan terpercaya kaya Manulife gini

    BalasHapus
  3. Aku masih belajar tentang investasi belum terlalu paham, termasuk reksadana. Investasi memang prospetik ya, nanti deh kalau belajar sudah paham, mungkin bisa putuskan

    BalasHapus
  4. Sekarang aku mulai nyobain invest di RDPU mbak. Semoga makin rajin, karena udah 2 bulan ini bolong 😅

    BalasHapus
  5. Aku belum paham sih soal investasi reksadana tp sepemahamanku klo smakin dini kita berinvest hasilnya akan semakin besar

    BalasHapus
  6. Aku semangat sebenarnya pengen nyobain investasi reksadana ini tapi masih maju mundur aja bawaanya.

    BalasHapus
  7. Tertari ksekali dengan konsep reksadana. Aku harus bulatkan tekad untuk bisa invest reksadana. Karena ya masih ragu2 aja kemarin2. :)

    BalasHapus
  8. Yang pertama aku ikutan nih, Mbak. Tapi, yang kedua, pas materi inti-intinya malah nggak bisa datang. Jadi, masih terawangan tentang Reksadana.

    BalasHapus
  9. Kemampuan mengelola keuangan memang perlu ditanamkan sejak dini. Apa lagi saat anak2 sudah mulai beranjak remaja ya

    BalasHapus
  10. Pengetahuan saya tentang reksa dana masih minim sekali. Jadi belum berani berinvest ke sana. Memang sebaiknya dipelajari dengan baik dulu keuntungan dan kekurangannya.

    BalasHapus
  11. Nah...kalau dibantu jadi lebih paham dan mantap memilih investasi apa yang akan dijalankan.
    Soalnya kalau gak punya ilmu sama sekali kan...jadi gak tahu resiko apa yang mungkin dihadapi di tengah perjalanan.

    BalasHapus
  12. Anak muda mana suaranya.. jadi investasi apa nih yang jadi pilihannya? hehe apapun investasi yang pilih memang harus sesuai dengan kebutuhan ya.. dan harus pelajari dulu segala kemungkinan risiko yang terjadi sebelum memilih berinvestasi.. nice sharing kakak..

    BalasHapus
  13. Dari dulu aku tuh masih belum paham soal investasi Reksadana macam ini, baca ini jadi sedikit tercerahkan euy

    BalasHapus
  14. Banyak banget istilah-istilah dalam investasi. Perlu melek info supaya nggak bingung dan tahu investasi yang paling tepat.

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah jadi makin tercerahkan, pas acara ini gagal ikutan karena ada acara keluarga. Eh dibagi ilmunya ama Mara, makasih ya Mara jadi bisa nyerep informasinya dan ilmunya.

    BalasHapus
  16. saya juga gak ngerti Reksadana ini, padahal katanya sih banyak yg berinvestasi dengan raeksadana. jadi pengen tahu banyak juga deh :)

    BalasHapus
  17. Duh saya sampai sekarang belum ngerti soal investasi, salah satunya Reksa Dana hehehhehe. Makasih ya Mba udah sharing pengetahuannya, saya jadi tahu sedikit soal Reksa Dana hehe

    BalasHapus
  18. kalua sudah urusan investasi, I am very prudent and extremely careful. It is not that easy and you have to find the trusted ones

    BalasHapus
  19. penting banget yah memiliki investasi sejak dini apalagi jika dilihat benefit investasi jangka panjang, makasih banyak sharingnya kak

    BalasHapus
  20. Aku juga rada susah memahami soal reksa dana ini nih Mara. Makanya seneng banget ketika bisa ikut kopdar investarian ini, jadi mulai tau dan ngerti kalau menabung dan investasi itu beda.

    BalasHapus