Jangan Asal Pilih, Inilah Pertimbangan yang Penting dalam Memilih Cincin Pernikahan

 


Menjadi simbol ikatan cinta bagi dua orang yang telah bersatu dalam ikatan yang sah, cincin pernikahan juga harus dipersiapkan dengan matang. Hal ini karena cincin pernikahan akan dipakai semur hidup. Sehingga, biasanya setiap pasangan memilih model  atau desain cincin pernikahan yang berbeda dari yang lainnya, dan biasanya disesuaikan dengan keinginan.

Namun, terlepas dari pilihan model cincin pernikahan yang dipilih, ternyata ada pertimbangan yang lainnya yang lebih penting dari model cincin pernikahan. Penasaran apa saja pertimbangan penting dalam memilih cincin pernikahan?

 5 Pertimbangan yang Penting dalam Memilih Cincin Pernikahan

  1. Dana

Hal yang paling penting yang menjadi bahan pertimbangan dalam memilih cincin pernikahan adalah dana. Di mana setiap calon pasangan jangan asal hanya memikirkan model cincin pernikahannya saja, tetapi mereka juga harus memikirkan dana yang harus dikeluarkan untuk membeli cincin pernikahan.


Kenapa harus begitu? Hal ini karena pernikahan bukan hanya sekadar cincin pernikahan. Masih banyak hal lainnya yang harus dipersiapkan, dan tentunya persiapan tersebut membutuhkan dana yang lumayan besar. Jadi, dana untuk membeli cincin pernikahan harus diperhitungkan dan disiapkan dengan benar, jangan hanya perkara cincin pernikahan, dana untuk hal lainnya terpakai.


  1. Bahan Dasar Cincin

Pertimbangan yang lainnya saat kamu dan pasangan akan membeli cincin pernikahan adalah bahan dasar cincin. Di mana biasanya hampir semua calon pengantin memilih emas, khususnya emas kuning, sebagai bahan dasarnya. Jika kamu memilih emas, maka pertimbangkan nilai atau kadar emas pada cincin yang akan kalian pilih. 


Nah, lalu bagaimana jika kamu dan pasangan tidak ingin memilih emas sebagai bahan dasar cincin? Tenang, masih ada beberapa pilihan bahan dasar cincin pernikahan kok. Di mana kamu bisa memilih perak, platinum, titanium, dan yang lainnya.


  1. Ukuran Cincin 

Karena cincin pernikahan akan dipakai seumur hidup, kamu dan pasangan kamu harus memilih cincin yang pas di jari. Jangan sampai kamu hanya tertarik dengan modelnya saja, kamu melupakan ukuran cincin yang pas. Jika hal tersebut terjadi, maka kamu hanya akan membuang uang dengan percuma, karena cincin tersebut tidak bisa dipakai.


Untuk mengetahui ukuran cincin pernikahan yang pas, kamu bisa datang langsung ke toko perhiasan. Di mana di sana pasti jari manis kamu dan pasangan akan diukur. Kemudian, jika kamu tidak memesan desain cincin, nanti pihak toko akan langsung merekomendasikan beberapa cincin couple khusus pernikahan yang pas dengan lingkar jari kamu.


Nah, jika kamu memesan atau membelinya secara online, kamu tinggal buka aja website toko perhiasan yang menjadi incaran kamu. Kemudian, di dalam websitenya ada panduan mengukur jari. 


  1. Kualitas Cincin

Kemudian, dalam memilih cincin pernikahan, kamu juga harus mempertimbangkan kualitas cincin tersebut. Nah, jika kamu membeli cincin pernikahan yang berkualitas, kamu akan diberi sertifikat atau dokumen. Di mana sertifikat maupun dokumennya berisi keterangan yang berkaitan dengan cincin pernikahan yang kamu beli.


  1. Perawatan

Cincin pernikahan adalah cincin yang diharapkan akan terus dipakai selamanya. Untuk itu, kamu juga harus memperhatikan perawatan cincin. Di mana perawatan cincin ini bertujuan agar cincin yang kamu pakai tetap cantik.


Lalu, cara merawat cincin pernikahan yang tepat? Kamu bisa menanyakan tentang cara perawatan cincin pernikahan yang benar ke pihak toko perhiasan. Jika kamu tidak ingin repot, kamu bisa melakukan perawatannya di toko perhiasan , tempat kamu membeli cincin, karena biasanya toko perhiasan menyediakan pelayanan untuk perawatan cincin.

Nah, itulah lima hal yang menjadi bahan pertimbangan dalam memilih cincin pernikahan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Mara solehah
Mara solehah hy, mara lahir di semarang, sukanya jalan-jalan dan makan :p IG,TW,FB : @marasolehah

Tidak ada komentar untuk "Jangan Asal Pilih, Inilah Pertimbangan yang Penting dalam Memilih Cincin Pernikahan"