Beginilah Cara untuk Mengecek Keaslian Cincin Emas Putih

 


Sepertinya popularitas perhiasan yang terbuat dari emas kuning sudah meredup. Kini hampir semua orang lebih memilih perhiasan emas putih. Hal ini bisa dibuktikan dengan penggunaan cincin emas putih untuk acara pertunangan dan pernikahan. Hal ini karena cincin emas putih terbilang lebih kuat dibandingkan cincin emas kuning.

Kenapa cincin emas putih cenderung lebih kuat? Ini karena cincin emas putih memiliki nilai karat yang lebih rendah dan memiliki kandungan logam yang lebih besar dibandingkan cincin emas kuning.

Meskipun cincin emas putih lebih kuat, kamu tentu harus mengecek cincin emas putih tersebut asli atau palsu. Berikut ini beberapa cara untuk mengecek keaslian cincin emas putih.

6 Cara Mengecek Keaslian Cincin Emas Putih

Ketahui Ciri – Ciri Cincin Emas Putih

Hal pertama untuk melihat keaslian dari cincin emas putih adalah kamu harus tahu ciri – ciri cincin emas putih yang asli. Di mana cincin emas putih yang asli memiliki cap khusus yang halus. Untuk mengetahuinya, disarankan pakai kaca pembesar agar terlihat jelas.


1. Gigit Cincinnya

Nah, cara yang kedua jika kamu tidak bisa menemukan cap khusus pada cincin emas putih adalah kamu gigit saja cincinnya. Namun, kamu jangan asal menggigitnya ya. Kamu harus memilih bagian yang dirasa mudah untuk digigit. Hal ini harus diperhatikan agar cincin emas putih kamu tidak rusak dan gigi kamu pun tidak rusak.


Nah, setelah menggigit, bagaimana kamu bisa menentukan cincin emas putih tersebut asli? Cara menentukannya sangatlah mudah. Jika cincin emas putih yang kamu gigit meninggalkan bekas gigitan, maka cincin emas putih tersebut palsu.


2. Gunakan Magnet

Nah, jika kamu ragu untuk menggunakan cara yang kedua, kamu bisa loh menggunakan cara yang lainnya. Di mana kamu bisa menggunakan magnet untuk mengetahui keaslian dari cincin emas putih. Dan cara ini adalah cara yang paling mudah.


Kamu tinggal dekatkan saja cincin dan magnetnya. Jika cincin emas putih tersebut menempel pada magnet artinya cincin emas putih tersebut palsu. Hal ini karena cincin tersebut terbuat dari bahan yang mudah menempel pada magnet seperti besi.


Nah, jika kamu menggunakan cara ini, disarankan untuk menggunakan magnet yang memiliki ukuran besar. Alasannya adalah semakin besar ukuran magnet, semakin kuat pula daya tarik magnet tersebut. Jadi, bisa dibilang penggunaan magnet yang berukuran besar lebih efektif dibandingkan dengan magnet yang berukuran kecil.


3. Goreskan Cincinnya

Ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui apakah cincin emas putih asli atau palsu. Namun, cara ini cukup berisiko ya, di mana mungkin cara ini bisa merusak cincin emas putih kamu.


Caranya, kamu goreskan saja cincin emas putih tersebut pada lantai atau kertas putih. Jika pada lantai atau kertas terdapat noda hitam, maka cincin emas putih tersebut palsu.


4. Bersertifikat

Perlu kamu ketahui jika cincin emas putih yang asli itu bersertifikat. Di mana jika kamu membeli emas putih yang asli, kamu akan diberikan sertifikat sebagai bukti jika cincin emas putih tersebut asli. Seperti halnya jika kamu membeli cincin di butik perhiasan Diamond & Co. dengan website diamondnco.id yang mana semua produk perhiasannya bersertifikat.


5. Kunjungi Toko Perhiasan

Nah, jika kamu masih saja ragu untuk melakukan kelima cara yang sudah disebutkan, kamu bisa datangi toko perhiasan. Hal ini karena toko perhiasan memiliki alat tes yang canggih untuk mengetahui cincin emas tersebut asli atau palsu.

Nah, itulah enam cara yang bisa kamu aplikasikan jika kamu ingin mengetahui cincin emas putih yang kamu miliki asli atau palsu. Selamat mencoba.


Mara solehah
Mara solehah hy, mara lahir di semarang, sukanya jalan-jalan dan makan :p IG,TW,FB : @marasolehah

Tidak ada komentar untuk "Beginilah Cara untuk Mengecek Keaslian Cincin Emas Putih"