Suka Main Game di Smartphone Kesayanganmu? Ini Tips biar Baterai Smartphone Gak Boros!

 



Banyak hal menyenangkan yang bisa kita lakukan di smartphone, salah satunya bermain game. Tak heran, jika banyak orang yang tak pernah lepas dari smartphone setiap harinya, terutama buat si pecinta game. Namun, main game di HP diperlukan kemampuan daya baterai yang mumpuni. Tentu gak seru jika lagi main game di smartphone daya baterainya lowbat, atau malah tiba-tiba mati sebab baterai yang terlalu panas.


 Jika baterai HP terlalu panas dan diabaikan begitu saja, bukan tidak mungkin smartphone kesayanganmu akan cepat rusak. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui tips menghemat daya baterai biar gak cepat boros saat digunakan main game. Dengan melakukan tips cermat ini dijamin dapat membuat kamu menghemat daya baterai saat bermain game. Yuk, simak selengkapnya!


  1. Atur Kecerahan Layar dengan Tepat


Sumber: pinterest.com


Mungkin di antara kalian sudah mengetahui jika tingkat kecerahan layar bisa mempengaruhi daya baterai smartphone. Kecerahaan layar yang semakin rendah, akan membuat daya baterai smartphone awet dan gak boros. Begitu pun sebaliknya, kecerahan layar yang tinggi akan membuat baterai cepat terkuras. Oleh karena itu, aturlah kecerahan layar smartphone dengan tepat. Sehingga baterai smartphone kamu pun bisa bertahan lama saat digunakan main game. Mengatur kecerahan layar yang rendah juga tidak akan membuat mata kamu rusak.


  1. Gunakan Mode Hemat Baterai


Sumber: pinterest.com


Menghemat daya baterai bisa kamu lakukan dengan menggunakan Battery Saver Mode atau Power Saver. Hampir di semua ponsel mempunyai fitur ini, namun di beberapa perangkat tersedia dengan nama berbeda serta pengaktifan yang berbeda. Tapi, biasanya dapat diaktifkan dengan membuka menu, Pengaturan - pilih Baterai - lalu Battery Saver Mode atau dengan nama lain yang berguna buat menghemat baterai.


  1. Aktifkan Airplane Mode 


Sumber: pinterest.com


Metode ini disarankan buat kamu yang menggunakan jaringan WiFi buat bermain game online. Ini adalah trik yang cukup efektif untuk mendapatkan pengalaman main game jadi lebih baik. Mengaktifkan airplane mode di smartphone akan membuat jaringan seluler mati secara otomatis. Dengan begitu, jaringan pun jadi lebih stabil sebab sinyal yang naik turun atau jaringan seluler bisa mempengaruhi ketahanan baterai smartphone kamu. Ini juga akan menghemat daya baterai serta paket internet kamu karena tidak bakal ada notifikasi dari smartphone


  1. Menutup Aplikasi Lain di HP



Sumber: pinterest.com


Trik selanjutnya adalah dengan mengeluarkan atau menghentikan aplikasi yang lagi dibuka. Buat pengguna Android, aplikasi yang beroperasi di background dapat mempengaruhi performa smartphone. Aplikasi yang tidak ditutup akan membuat sistem Android tetap berjalan di aplikasi-aplikasi tersebut. Tentunya bisa mempengaruhi ketahanan daya baterai.


  1. Settings Grafis Game dengan Mode Low


Sumber: GGWP.id


Mengatur grafis game dengan mode Low bisa kamu lakukan untuk menghemat daya baterai smartphone. Meski mode ini membuat gamers tidak puas saat bermain game ketimbang dengan grafis HD yang menawan. Tapi, keseruan kamu dalam bermain game tetap tidak akan berkurang. Dengan menggunakan grafis game yang rendah tentunya bakal membuat daya baterai HP jadi lebih awet dan gak cepat panas. Ada beberapa game yang menyediakan settings grafis medium kalau kamu merasa mode Low tidak mumpuni. 


Semakin populernya game Mobile Legends, membuat banyak orang ingin memainkannya. Bahkan, tak sedikit para gamers yang berlomba-lomba untuk menambah kualitas hero nya, dan item-item penunjang game ML. Untuk mendapatkan skin dan meningkatkan karakter dibutuhkan diamonds yang cukup. So, jangan lupa buat top up diamond Mobile Legend untuk membeli skin, ya geng!


Nah, itulah tips yang bisa kamu terapkan agar baterai smartphone kamu gak boros saat digunakan main game. Semoga bermanfaat ya!


Selain tips agar baterai smartphone kamu gak boros, aku juga ada tips kulineran di Semarang loh, yug cekidot.