Hal-Hal yang Harus Disiapkan saat Travelling ke Luar Negeri



Indonesia memang negara yang sangat indah , wisatanya komplit mulai dari bahari,pegunungan sejarah dan budaya hingga wisata religi. Namun, sebagus-bagusnya negara sendiri alangkah baiknya kita tidak menjadi katak dalam tempurung. Kita juga mustinya mengenal dunia luar, bisa mengenal dari internet juga bisa berkunjung ke negara lain.

Karena dengan pergi ke luar negeri akan memberikan pengalaman dan pengetahuan baru. Tantangannya pun berbeda, karena dari kebudayaan, karakteristik masyarakat setempat, aturan, bahkan bahasa dan cuaca bisa sama sekali berbeda dari yang selama ini biasa kita temui.

Bagi yang baru mau travelling ke luar negeri, ada beberapa hal yang harus disiapkan.


Uang



Uang itu hal paling penting saat mau travelling, kecuali ada yang biayain kamu semuanya. Persiapkan uang yang cukup sebelum hunting tiket, saat promo freeseat tiba saatnya berburu. 

Selain persipkan uang untuk tiket, persiapkan juga uang tunai yang cukup dalam mata uang asing. Sebaiknya saat ke luar negeri kita juga membawa uang cash, daripada ngambil di ATM yang biasanya ada biayanya 25ribu. Atau siapin kartu atm yang sudah berlogo Visa, jika belum aktif visa bisa diaktifin di bank, jadi saat belanja bisa gesek tanpa biaya.


Pasport



Gak bakal bisa ke luar negeri dengan legal tanpa passport. Biaya bikin passport ini murah, Cuma 360ribu untuk 5tahun. Cara bikin pun gak perlu antre dari pagi seperti jaman dulu, cukup daftar online dan dating di jam yang telah kita pilih.


Tiket 

Hal yang paling seru adalah saat berburu tiket, pernah saat 2014 dimana menjadi pengalaman pertama travelling ke Luar negeri. Berburu tiket dari pukul 23.00, siapa yang berburu? Tentu bukan aku karena jaman itu aku masih cupu hehehe, aku hanya memantau dari grup whatsapp yang notifnya gak berhenti-berhenti.

Tiket bisa dipilih berdasarkan harga atau fasilitas ya,kalau ingin yang murah tentu saja harus uptodate, selalu memantau grup-grup travelling, biasanya mereka koar-koar jika ada promo dadakan.


Itinerary

Kenali negara yang mau dituju, susun itinerary yang searah agar waktu tidak habis dijalan. Susun juga biaya-biaya agar tidak over budget.


Hotel 

Saat mau booking hotel, yang paling pertama aku fikirkan adalah lokasi. Aku akan mencari lokasi yang strategis, dekat dengan stasiun MRT agar akses kita mau kemana-mana itu mudah dan dekat dengan kuliner tentunya. 

Selain lokasi tentu saja fasilitas dan harga, seperti saat ke Malaysia, aku memilih menginap di apartement, fasilitas sangat lengkap seperti rumah sendiri. Bayangin saja,ada mesin cuci di apartement yang kami sewa, lumayan kan bisa nyuci. Saat pulang bawa baju bersih deh.


Visa

Rasanya pengen nangis kalau ingat visa korea ku ditolak. Dokumen keuanganku kurang satu hiks. 

Sebelum beli tiket, sebaiknya lihat-lihat syarat dari pegajuan visa negara tujuan yah. Daripada kayak aku, ditolak dan tiket tak bia refund huhu ini benar-benar menjadi permata pengalamanku.

tapi kalau tidak mau ribet dengan visa, travelling ke luar negerinya di negara-negara bebas visa aja, banyak loh negara free visa untuk WNI. Dan negara free visa yang pingen banget aku kunjungi itu Maldives hhehe


nah itu dia hal-hal yang harus disiapin sebelum ke luar negeri , semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar untuk "Hal-Hal yang Harus Disiapkan saat Travelling ke Luar Negeri "