9 Rekomendasi Kuliner yang Wajib Dicoba Saat Kamu Menjelajahi Kota Semarang

Bicara tentang  kuliner Indonesia, berarti siap membayangkan aneka makanan yang enak dan  bisa bikin menelan ludah. Semarang merupakan surganya kuliner, bukan hanya isapan jempol, karena memang faktanya begitu. Ibukota Provinsi Jawa Tengah ini menawarkan keunikannya sendiri, karena kulinernya tercampur dengan budaya dan sejarah.

Semarang terletak di tengah utara pulau Jawa membuat Kota Semarang di jaman dulu kerap menjadi persinggahan pertama para pendatang dari Eropa, China, India, dan Arab. Pelabuhan Tanjung Emas menjadi tempat berlabuh yang potensial sebelum menginjakkan kaki di tanah Jawa. Karena perpaduan budaya tersebut membuat Kota Semarang menjadi kota yang sangat dikenal dengan kuliner yang sangat lezat dan khas.

Berikut saya paparkan 9 kuliner yang wajib dicoba :

1.       Tahu Petis Yudhistira


Tahu petis merupakan jajanan khas kota Semarang berupa tahu pong goreng dengan bumbu petis di dalamnya dan disajikan dengan cabe rawit. Terbayang nikmatnya petis udang dengan gurihnya tahu bercampur jadi satu di mulut kan? Belum lagi sensasi pedas jika menggigit rawitnya, seketika air liur langsung menetes, siapa sih yang bisa menolak gorengan gurih manis ini? Hmmm yummy.

Lokasi Tahu Petis Yudhistira ini di Jl. Yudhistira No 21 Semarang (Masuk dari samping UDINUS). Ancer-ancernya gampang, masuk lurus terus aja sampe pojokan nanti nemu plang “Toko Oleh-Oleh Tahu Petis Yudhistira”. Di sana selain tahu petis kamu juga bisa menemukan tahu bakso ikan, dan berbagai oleh-oleh khas Semarang lainnya. Sepotong tahu petis dibandrol seharga 4000 rupiah saja.

 

2.       Tahu Gimbal Lumayan Pak Man


Mencari tahu gimbal di Semarang itu sangat mudah, hampir di setiap sudut Kota Semarang terdapat pedagang yang menjual ini dan yang legenda adalah Tahu gimbal Lumayan Pak Man. Tahu gimbal merupakan isian dari lontong, tahu, kol, tauge, dan disiram dengan bumbu kacang, ah tentu tak lupa juga gimbal udangnya dong.

Terletak di Jalan Plampitan no. 54 (tidak jauh dari Hotel Plampitan), tahu gimbal Pak Man ini biasanya buka pukul 11 siang dan tutup pukul 5 sore atau menjelang maghrib. Harga seporsi tahu gimbal komplit dengan telur yaitu 25.000 rupiah, kita akan mendapatkan gimbal udang dengan potongan udang yang besar-besar dan mengenyangkan. Hmmmm sebagai pecinta protein hewani aku langsung ngiler waktu pertama disajikan.

 

3.       Soto Bokoran


Soto bukan hanya milik kota kudus, Semarang juga memiliki soto yang khas dengan kuah bening warna kuning hingga agak kecoklatan. Makanan ini memang pas disajikan pagi hari untuk sarapan, sekalian menghangatkan badan.

Salah satu soto yang legendaris di Semarang adalah Soto Bokoran. Terletak di Jalan Plampitan dekat dengan hotel Quest Semarang. Kalau datang kesini, datanglah pagi-pagi karena ubo rampenya masih komplit, aku paling suka dengan perkedelnya. Perkedel di sini lain dengan tempat lain, karena selain ukuran yang bundar dan besar kulit luarnya juga cruncy.

Buka dari jam6 hingga jam 2 siang ,namun jam11 biasanya sudah banyk yang habis seperti perkedel dan satenya. Harga 11rb.

 

4.       Lekker Paimo


Jajanan yang bukan hanya dinikmati anak kecil, orang dewasapun menggandrunginya. Lekker terlegend di Semarang adalah lekker paimo, lerletak di depan SMA Kolose Loyola di bawah pohon rindang seakan-akan membuat penikmatnya enggan beranjak karena terpaan angin sepoi-sepoi.

Varian favorit saya yaitu tuna kornet mozarella ditambah jagung manis dan sambal, membuat rasanya menjadi rame manis-asin-pedas. 1 porsinya seharga 30ribu rupiah sungguhlah mantul! Mantap betul. Mengenyangkan. 1 porsi ini bisa dimakan berdua. Lekker Paimo di bandrol harga muli 2rb hingga 30rb.

                                                                                                                                          

5.       Lunpia Cik Meme


Lunpia, pasti orang langsung keingat dengan kota Semarang. Lunpia dengan isian rebung muda ini biasanya dibeli sebagai buah tangan. Lunpia banyak di temukan di Jl.Mt Haryono, Jl. Pemuda, adapun yang di Gg Lombok. Namun sekarang ini saya memilih untuk mengulas Lunpia Cikmeme yang terletak di Jl.Gajah Raya No. 107, karena varian lunpia cikmeme  ini sangat banyak dan sudah bersertifikat halal.

Varian favorit saya adalah kajamu (kambing jantan muda) dan jamur nusantara. Jamur nusantara ini isinya selain berisi jamur tiram, didalamnya juga terdapat kacang mete. Harga mulai 10rb hingga 22rb.

 

6.       Es Puter Conglik


Es Conglik ini bisa dibilang es puter yang melegenda di Kota Semarang. Es puter ini sudah ada di Semarang sejak tahun 1944, dinamakan Es Puter Conglik karena penjual es puter ini dulunya seorang kacong cilik (pembantu kecil). Es puter favorit kebanyakan orang Semarang itu rasa durian, kelapa muda, kopyor dan kelengkeng, tapi waktu kemarin hanya ada rasa coklat, alpukad, kelapa muda, dan durian. Aku memilih varian alpukad dan kelapa muda, tak disangka ternyata seporsi es conglik disajikan lengkap dengan siwalan, mutiara dan potongan kecil-kecil roti tawar membuat es conglik ini kaya rasa dan segar untuk cuaca Semarang yang panas.

Lokasinya berada di Jalan KH. Ahmad Dahlan A No.11 atau ancer-ancernya sebelum RS Telogorejo, kanan jalan. Seporsi es conglik bisa ditebus dengan 18 ribu saja, buka menjelang maghrib tiba.

 

7.       Pisang Plenet Mbah Toerdi


Pisang plenet merupakan kuliner tradisional Kota Semarang. Pisang plenet merupakan pisang yang di pelenet atau dipipihkan dengan menggunakan alat yang bernama akrilik. Setelah dipipihkan, pisang tersebut dibakar baru setelah itu diberi varian rasa seperti selai nanas, meses, dan gula halus. Pisang yang digunakan adalah pisang kepok, karena teksturnya yang mengkel alias tidak lembek.

Lokasi pisang plenet ini berada di jalan Pemuda tepatnya di kompleks rumah toko bekas Toko Hien, harga pisang plenet mulai 5 ribu rupiah.

 

8.       Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar


Saat berkunjung ke kota lama, jangan lupa untuk berkunjung ke Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar, lokasinya berada di belakang Gereja Blenduk membuatnya mudah ditemukan. Gulai kambing pada umumnya menggunakan santan, namun berbeda dengan gulai bustaman, menggunakan srundeng ditumbuk dengan bawang merah, bawang putih serta bumbu lain, dan yang menjadi khas ialah rasanya yang sedikit manis. Seporsi Nasi Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar ini dihargai 26 ribu rupiah.


 9Wedang Tahu


minuman khas Semarang tempo dulu ini berbahan air jahe panas dicampur dengan sari tahu. Wedang tahu ini juga berkhasiat untuk menurunkan kolesterol dan air jahenya untuk meredakan masuk angin, seporsi wedang tahu ini bisa ditebus dengan harga 7ribu saja.

Wedang tahu bisa ditemukan di banyak tempat, salah satunya ada di jalan wotgandul timur dekat apotek kharisma, pedagang wedang tahu ini buka dari jma8 hingga 4 sore. Selain di sana wedang tahu juga bisa ditemukan di daerah kranggan dan di jalan MT Haryono depan roti swiss.

 

Gimana? Udah ngiler belum dengan makanan tradisional ini? Mau coba yang mana dulu? Bisa dimulai dari menu sarapan hingga makan malam. Jangan lupa mampir dan cicipi semuanya ya kalo main ke Semarang!

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber :

foto milik pribadi

1.       www.tahupetis.com

2.       https://www.cnnindonesia.com/

3.       https://www.traveloka.com/activities/indonesia/city/semarang-106587


 

12 komentar untuk "9 Rekomendasi Kuliner yang Wajib Dicoba Saat Kamu Menjelajahi Kota Semarang"

  1. Aku beberapa kulineran di atas nyobain juga, pas diumumin tiap kota lokdon, Maret pertengahan, jadi ga sempet kulineran semuanyaaa, keburu panik duluaan. Dan buru2 balik ke Bandung, hihii. next wajib nyoba in semuaaa.

    BalasHapus
  2. Sehabis 8 kok jadi 19 sih?

    Yg sudah saya coba pertahuan sama hidangan berat. Jadi yg belum tuh mungkin no 4, 6 dan 7.

    Semoga suatu saat ke Semarang lagi bisa mencicipi semuanya...

    BalasHapus
  3. Unik-unik namanya. Pengen nyoba yang tahu petis pasti pedasnya nampol bang.

    BalasHapus
  4. Sebelum pandemi pas banget akhir februari aku ke Semarang mbak, beberapa makanannya udah aku cobain huhu belum semua nih nyobain makanan tradisionalnya. Next ke Semarang wajib nyobain semua hehe

    BalasHapus
  5. Aku belum pernah ke Semarang kak :((
    Ada rencana di tahun ini tapi yah gagal maning karena corona-coronaan ini huhuuu sedih. Tapi rekomendasi dari kakak aku catetin dulu deh. Rezeki mah ga ke mana ya kan kak

    BalasHapus
  6. tahu petis sama lumpianya menggoda mbak, selalu makan itu kalau kesana, sayang tahun ini nggak bisa ke daerah jateng mba karena pandemi, tahun lalu ke yogyakarta

    BalasHapus
  7. Aihh enak semua nih kelihatannya. Meski saya belum coba satu pun. Belum pernah ke Semarang juga sih :(

    BalasHapus
  8. Penasaran sama tahu gimbal sama es nya pastinya mantap banget ini semua mbak jadi pengen jalan ke Semarang lagi.

    BalasHapus
  9. pisang plenet ini hampir mirip sama pisang epe kalau di Sulawesi ya Mbak? tapi kalau pisang epe pakai gula merah dan bumbu kacang sih.
    jadi penasaran pengen coba si pisang plenet ini, lunpia, tahu gimbal, es puter Congklik itu juga rasanya seger banget ya.

    BalasHapus
  10. Huaaaa..... masa aku baru nyobain tahu gimbal aja!
    Roadtrip ke Semarang dijadiin aja apa ya? kangen kulineran

    BalasHapus
  11. Ya Allah...
    Kangen wedhang tahu. Ini anget banget kalau diminum saat dingin-dingin. Bisa menghilangkan lelah seketika.

    BalasHapus
  12. Aduh itu lekker paimonya sangat sangat menggoda banget, aku sampai kemecer Mbak. Kalau yang kekinian kaya Joie itu rekomended ga Mbak?

    BalasHapus

Posting Komentar