Say Goodbye Sama Rasa Sakit, Ini dia 7 Cara Self Healing Untuk Mengobati Luka Hati



Tidak sedikit orang pernah merasakan yang namanya lelah secara emosi. Perasaan sedih yang begitu dalam, perasaan trauma hingga menimbulkan rasa kesal terhadap diri sendiri, aku juga beberapa kali merasakan itu. Kalau kamu pernah merasakan seperti itu, you’re not alone kok.

Aku enggak akan curhat soal perasaan aku. Aku justru mau berbagi tips cara menyembuhkan luka yang aku lakukan. Aku tahu kok, pasti saat kita sedang sakit hati, yang kita rasakan adalah enggak mungkin bisa sembuh. Tapi percaya deh, meski enggak mudah untuk bangkit, tapi pelan-pelan kita pasti bisa melakukan self healing.

Self healing sendiri tujuannya adalah untuk membantu kita jadi lebih mengenal diri kita sendiri, memahi diri kita, menerima diri kita, dan membuat kita mampu berpikir positif. Enggak mudah memang proses untuk self healing ini, tapi saat kita berhasil melakukannya, kita akan bisa menjadi pribadi yang tegar dalam menghadapi masalah yang ada, kegagalan, hingga trauma di masa lalu.
Gimana, kamu mau enggak jadi pribadi yang lebih kuat lagi? Yuk simak tips self healing dari aku ini.

1.       Memaafkan diri sendiri
Kamu pernah merasa begitu kesal sama diri kamu sendiri? Merasa kecewa sama diri kamu sendiri? Yuk, lakukan self healing dengan cara memaafkan diri sendiri. Dengan kita memaafkan diri sendiri, kita jadi memberi kesempatan kepada dunia untuk menunjukkan hebatnya kita. Dengan cara memaafkan kita jadi belajar melepaskan apa yang sudah terjadi di masa lalu, dan siap melanjutkan hidup.

2.       Self acceptance
Tak jarang permasalahan yang terjadi akibat kita merasa sulit menerima diri kita apa adanya. Kadang kita berharap ingin seperti orang lain. Kondisi seperti ini enggak baik dan bisa berakibat buruk buat masa depan lho.
Mulai sekarang ayo luangkan waktu untuk menerima diri apa adanya. Kenyataannya setiap orang pasti memiliki kelebihan juga kekurangan. Tak perlu takut mengakui kekurangan yang ada. Dengan begini kita bisa menjadi diri kita sendiri.

3.       Olahraga secara rutin
Olahraga sudah pasti membuat kita sehat dan kuat. Tapi ternyata bukan hanya itu manfaat dari olahraga. Olahraga ternyata juga bisa membantu agar kita cepat pulih dari luka batin.
Saat kita sedang merasa down memang tidak mudah memaksa diri untuk berolahraga. Tapi percaya deh, olahraga yang rutin akan membuat mood kamu semakin baik.

4.       Menulis
Utarakan yang kamu rasakan lewat tulisan. Enggak perlu memirkan tata cara penulisan, tanda baca, atau gaya bahasa. Pokoknya tulis saja segala yang terlintas dalam pikiran kamu. Kegiatan menulis seperti ini juga merupakan tehnik self healing yang membantu membuat perasaan kita semakin baik.
Ada satu tehnik penulisan yang dikenal dengan dengan sebutan free writing. Kita cuma perlu menulis tanpa banyak berpikir tanpa berhenti. Cara seperti ini cocok banget untuk self healing. Enggak percaya? Coba saja sendiri.

5.       Me time
Beristirahatlah sejenak, dan nikmati kesenanganmu. Lakukan hal-hal yang kamu sukai. Aku suka memberi reward pada diriku sendiri setiap ada tahapan yang sudah aku lewati. Perlu lho kita menghargai diri kita sendiri seperti ini. Kalau bukan kita yang menghargai diri kita sendiri, siapa lagi?

Sambil menikmati me time, coba renungkan tentang diri kita sejenak. Buat catatan rasa syukur atas segala nikmat yang ada. Setelah ini pasti deh perasaan kamu akan jauh lebih baik.

6.       Buat what to do list
Selain membuat catatan rasa syukur, buat juga what to do list. Buat target harian yang akan kamu lakukan untuk membuat perasaan kamu semakin baik, seperti berolahraga, meditasi, atau melakukan pola hidup sehat lainnya.
Dengan adanya target ini akan membuat kamu semakin termotivasi dan menjadikan dorongan yang positif.

7.       Selalu berpikir positif
Last but not least, usahakan untuk selalu berpikir positif. Kelola pikiran dan perasaan kamu. Memang sih, pikiran-pikiran negatif kerap kali muncul dari diri kita sendiri, ini karena otak kita terlatih untuk berhati-hati. Tapi usahakan untuk membuang pikiran negatif itu, ubah mindset kamu menjadi positif.

Gimana? Kira-kira kalian bisa kan ya menerapkan 7 cara self healing ini? Bisa kok, aku yakin. Kalau kamu sudah mencoba melakukan semua cara ini, tapi kamu masih merasa sakit dan terluka, tidak ada salahnya meminta bantuan pada ahlinya. Jangan biarkan rasa sakit itu terus menggerogoti diri kita ya.

Tidak ada komentar untuk "Say Goodbye Sama Rasa Sakit, Ini dia 7 Cara Self Healing Untuk Mengobati Luka Hati"