7 Tips Agar Terhindar dari Corona

By Mara solehah - Maret 20, 2020

Covid-19 di Indonesia semakin menjadi-jadi ya, per tanggal 19 maret saja sudah ada 25 nyawa melayang, dan persentase kematian di Indonesia karena corona ini paling besar diantara negara Asean lainya yaitu sebesar 8%. Semoga wabah ini segera berakhir, namun kita juga harus tetap menjaga diri kita untuk tetap sehat. Aku ada 7 tips sehat ala aku agar terhindar dari virus corona ini. 

1. Jaga Kebersihan

Menjaga kebersihan sangatlah penting, apalagi virus corona ini menyebar dari human to human. Uang yang kita pegang dari kembalian belanja si supermarket/pasar bisa jadi sudah pindah puluhan orang perharinya, dan kita tidak pernah tau apakah dari mereka ada yang carrier virus covid-19. Jadi biasakan cuci tangan dengan sabun, atau selalu sedia hand sanitizer sehingga bisa semprot setiap saat. 

2. Makan dengan Gizi Seimbang

Makan dengan gizi seimbang, jangan nasi+mie itu full karbo. Lebih baik makan nasi+telor kan ada proteinnya, better lagi selalu makan buah dan sayur untuk kebutuhan serat, agar kita selalu sehat, hingga corona-pun minggat. 

3. Banyak Minum Air Putih

Katanya, iya katanya karena aku bukan ahli medis yang bisa memberikan fakta secara ilmiah. Katanya nih, minum banyak air putih bisa mengusir corona yang sudah menempel di tenggorokan. Minum yang banyak atau lebih baik sedikit-sedikit namun sering, sehingga virus yang nempel ikut larut ke lambung. 

4. Tidur yang Cukup

Sering dengar kan tidur yang cukup adalah salah satu bagian dari pola hidup sehat, jangan sampai kelelahan dan imun turun. Ini bahaya. 

5. Olahraga

Banyakin gerak, jika sekarang disuruh work from home ya olahraga di rumah. Banyak kok contoh bodyworkout di instagram yang bisa ditiru,kalau aku suka ikutin gerakan @mrmrsmuscle

  1. Minum Rimpang

Minum rimpang, agar imun kita tetap kuat. Karena katanya nih, corona saat masuk ke tubuh kita ada masa inkubasi selama 14hari. Jika dalam 14hari imun kita kuat, maka virus corona pun kalah dan kita tetap sehat. Namun jika masa inkubasi itu imun  lemah, yah sudah bisa dipastikan jika virus itu bakal menyerang tubuh. 

Aku minum rimpang sudah jauh sebelum virus corona ini merebak, aku ikuti resep dari dr. Zaedul akbar. Untuk booster imun ramuannya adalah minum air jahe+kayu manis. 

Kalau aku, sukanya minum campuran dari jahe, kunir, asem, serai dan gula aren. Ini untuk melancarkan menstruasi aku, mengembalika hormonku yang berantakan. Aku dari kecil hormon tidak seimbang memang, sesekali minuman itu aku campuri kayu manis karena kayu manis bagus untuk yang mengalami gangguan gula darah tinggi. 

  1. Positive Thinking

Positive thinking, namun jangan bandel, ikutin anjuran pemerintah untuk stay at home. Diberi libur 14hr bukan untuk liburan kayak anggota DPR itu tuh 😂😂😂😂

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar