TIPS MELUMASI BALL BEARING AGAR TETAP AWET DAN TERHINDAR DARI DISFUNGSI


Tips melumasi ball bearing – Ball bearing adalah satu dari sekian banyak bearing yang digunakan di dunia teknik. Bearing ini umumnya berfungsi untuk memberi gerak putar secara mekanik. Dengan adanya bearing jenis ini, proses putar pada peralatan Anda tidak akan mengalami gesekan.
Ball bearing sendiri sangat membantu dalam dunia teknik. Beberapa mesin membutuhkan gerak putar. Dan bearing inilah yang kemudian memegang peran tersebut.
Sebenarnya ada dua jenis bearing yang berfungsi memberi gerak putar. Roller bearing dan ball bearing. Keduanya terletak pada bagian pemutar. Jika ball bearing menggunakan roda baja untuk membantu tubuh bearing bergerak, roller bearing justru menggunakan sejenis roller (atau jika dibahasakan dalam bentuk, ia lebih mirip roda yang berjalan pada titip tumpu, yang menggerakan tubuh bearing).
Karena menjadi bearing yang sering digunakan, ball bearing rentan terhadap kerusakan dan disfungsi. Oleh karenanya, menjaga dan merawat bearing jenis ini akan sangat dianjurkan.
Merawat ball bearing bisa dilakukan dengan pelumasan. Melumasi ball bearing akan meminimalisir gesekan antara bola baja dan tubuh bearing. Dengan demikian, tubuh bearing tidak akan mendapat goresan yang berakibat pada menurunnya fungsi gerak putar pada bearing.
Ada beberapa tips melumasi ball bearing. Untuk membantu Anda melakukan pekerjaan ini, kami telah menghimpun beberapa tips dan menyuguhkannya dalam pembahasan berikut.
LAKUKAN PELUMASAN PADA BAGIAN LAJUR BOLA - TIPS MELUMASI BALL BEARING 
Jika Anda ingin melumasi ball bearing, lakukanlah pada bagian lajur bola. Itu adalah bagian di mana bola bergerak untuk memberi efek putar pada bearing. Lakukan pelumasan pada area tersebut dengan pelumas khusus.
Anda bisa membeli pelumas tersebut pada toko teknik atau bengkel yang menjual spare part kendaraan. 
Proses pelumasan akan membuat pergerakan bola semakin lancar. Ini akan menambah kualitas dari ball bearing itu sendiri. Semakin lancar pergerakan bola, semakin lancar pula efek putar yang dihasilkan oleh ball bearing.
Namun demikian, Anda tidak dianjurkan memberi pelumas secara berlebihan. Pemberian pelumas yang berlebihan hanya akan membuat pergerakan bola bearing menjadi terhambat. Ini akan membuat fungsi dari ball bearing sedikit menurun. Lakukan pelumasan secukupnya. Setidaknya, sampai semua bola baja terkena pelumas. 
LAKUKAN PELUMASAN SAAT PELUMAS SUDAH KERING – TIPS MELUMASI BALL BEARING 
Seperti yang sudah disampaikan. Jangan pernah lakukan pelumasan secara berlebihan. Itu hanya akan membuat bearing Anda kelebihan pelumas. Itu juga yang akan membuat bearing Anda mengalami penurunan fungsi. Jadi, lakukan pelumasan secara cukup saja.
Lantas bagaimana jika pelumasan dilakukan secara berkelanjutan? Tentu ini akan sangat baik. Tapi perlu diingat, Anda juga harus mempertimbangkan kondisi pelumas yang ada di bearing.
Maksudnya, jika Anda ingin melumasi bearing kembali, pastikan kondisi bearing sudah mendekati kering dari pelumas.
Pemberian pelumas kembali, sedang kondisi bearing masih basah dengan pelumas, itu sama saja dengan menumpuk pelumas pada bearing. Kondisi demikian akan sangat merugikan. Anda hanya akan membuang-buang pelumas. Selain itu, fungsi bearing juga akan menurun. Karena itu, jika Anda ingin melumasi bearing kembali, pastikan lagian yang harus terlumasi sudah kering atau mendekati kering.
Melumasi bearing adalah hal yang dianjurkan. Ini akan memperpanjang usia bearing, membuatnya tetap berfungsi normal dan menghindarkan Anda dari kerugian akibat terlalu sering membeli ball bearing.
Nah, jika berbicara tentang membeli ball bearing, kami sarankan, Anda harus memilih toko yang tepat.
Ini akan sangat berkaitan dengan kualitas dari produk yang Anda beli. Tentu saja, toko dengan reputasi baik akan memiliki produk yang baik. Dan jika Anda ingin mencari supplier bearing di Jakarta yang demikian, ada baiknya Anda kunjungi Logam Makmur.
Pada akhirnya tips melumasi ball bearing di atas bisa Anda terapkan. Tips-tips ini akan sangat membantu Anda menjaga kualitas dan ketahanan produk ball bearing Anda.

Tidak ada komentar untuk "TIPS MELUMASI BALL BEARING AGAR TETAP AWET DAN TERHINDAR DARI DISFUNGSI"