Gejala dan Ciri-ciri DBD yang Tidak Boleh Diabaikan

By Mara solehah - Agustus 31, 2019



Berbagai ciri-ciri DBD saat ini sering sekali di salah artikan. Bahkan dengan DBD pun, anda dapat mengalami gejala demam terlebih dahulu. Ciri-ciri DBD atau gejala yang dimilikinya, memang tidak jauh berbeda dengan gejala penyakit lainnya seperti flu atau bahkan infeksi dari virus dan juga bakteri. Jika tidak diobati secepat mungkin, tentunya hal ini akan berakibat fatal.
Penjelasan Demam Berdarah Dengue
DBD atau yang sering disebut dengan demam berdarah dengue, merupakan salah satu penyakit yang menular dan disebabkan oleh virus bernama dengue. Dalam hal ini, virus ini dibawa oleh nyamuk, dan disebut dengan penyakit break-bone. Hal ini dikarenakan, virus ini menyerupai penyakit nyeri sendiri dan juga otot dimana akan membuat tulang seperti merasa retak.
Penyakit dari DBD ini, juga sangat ringan. Nantinya penderita akan mengalami demam yang tinggi, ruam pada kulitnya hingga merasakan nyeri otot dan juga sendi. Sedangkan untuk yang paling parahnya, adalah nantinya anda juga akan mengalami pendarahan yang serius dan penurunan dari tekanan darah yang cukup drastis.
Bahkan hal tersebut tidak sedikit, yang menyebabkan kematian. Orang yang terkena DBD ini, juga tidak sedikit yang nantinya akan merasa kelelahan dalam jangka panjang. Virus di dalam tubuhnya juga akan semakin berkembang, bahkan mengancam jiwa. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri DBD yang perlu anda ketahui.
Ciri-ciri DBD
1.       Mengalami Demam Tinggi Mendadak
Jika saat anda beraktivitas lalu anda merasakan demam yang tinggi, atau bahkan demam yang sangat mengganggu, cobalah untuk melakukan pengecekan ke dokter karena kemungkinan anda terkena virus dari DBD. Bahkan biasanya demam  yang akan terjadi, akan mencapai sekitar 40 celcius.

Demam ini terjadi akibat adanya flu dan juga infeksi dari virus, yang sudah menyebar di dalam tubuh. Nantinya juga akan disertai dengan adanya demam, bersin dan juga batuk. Namun nantinya demam yang terjadi akan bertahan lama, bahkan sekitar 2 hingga 7 hari lamanya.

2.       Nyeri pada Otot
Setelah mengalami beberapa ciri-ciri DBD, selain demam juga anda akan merasakan nyeri yang terjadi di sekitar otot. Dalam hal ini bukan hanya oto, melainkan juga bagian sendi yang anda miliki. Nantinya akan bersamaan, dengan munculnya tubuh yang menggigil dan juga mulai berkeringat.

3.       Sakit Kepala dan Sakit di Bagian Belakang Mata
Memang tidak secara langsung, namun setelah beberapa jam virus mulai menyebar dan demam sudah muncul, maka akan membuat anda merasakan sakit kepala yang cukup parah. Bahkan dalam hal ini, anda akan merasakannya di sekitar dahi. Sakit kepala tersebut, akan muncul juga dengan disertainya sakit pada bagian belakang dari mata dan merupakan hal umum yang terjadi.

4.       Mual dan Muntah
Mungkin pada beberapa orang, masalah pencernaan seperti mual dan juga muntah akan terjadi. Dalam hal ini, bukan hanya di bagian perut, melainkan juga anda akan merasakan kurang nyaman di bagian punggung. Nantinya anda akan mengalami gejala ini sekitar 2 hingga 4 hari lamanya.

5.       Kelelahan
Demam yang juga disertai dengan nyeri otot hingga berbagai masalah pencernaan, merupakan hal yang biasa untuk pasien atau penderita DBD. Dalam hal ini, ciri-ciri DBD lainnya yaitu anda akan merasakan menurunnya nafsu makan. Hal ini juga yang akan membuat anda kelelahan, karena asupan makanan yang kurang dan imun tubuh yang mulai melemah.

Itulah beberapa ciri-ciri DBD yang cukup berbahaya dan disebabkan oleh nyamuk.

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Terima kasih mba. Cukup bermanfaat wlaaupun tidak komplit amat pembahasan nya kayak para ahli ya mba

    BalasHapus