Suksesnya OSN 2019 di Yogyakarta dan Manado

By Mara solehah - Juli 10, 2019





Hay teman, pada tanggal 1 juli 2019 alhamdulillah aku berkesempatan datang ke pembukaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Sekolah Dasar 2019 yang diadakan di The Rich Hotel Yogyakarta. OSN 2019 sendiri diadakan di 2 kota, yaitu Yogyakarta dan Manado. Untuk Yogyakarta ada di dua tempat terpisah, tingkat SD berada di The Rich dan The Alana untuk tingkat SMP. Sedangkan Kota Manado untuk tingkat SMA.


OSN adalah kegiatan Kemendikbud tahunan yang memotivasi dan menumbuhkembangkan atmosfir cinta pelajaran sains dan kompetisi dari tingkat sekolah, Kab./Kota, Provinsi dan Nasional.

Olimpiade Sains Nasional 2019 resmi dibuka oleh  Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey di Manado dan Direktur Pembinaan Sekolah Dasar, Bapak Dr. H. Khamim, M.Pd. di The Rich Hotel Yogyakarta secara live streaming.


Bapak Khamim memasuki ballroom

Olimpiade Sains Nasional  2019 tingkat Sekolah Dasar  atau biasa disebut OSN SD 2019 yang digelar di Provinsi Istimewa Yogyakarta menjaring seluruh siswa terbaik dari 34 provinsi berkumpul di kota ini dari tanggal 30 Juni sampai 6 Juli 2019. Sebanyak 272 siswa terbaik dari seluruh Indonesia berkompetisi pada ajang bergengsi di bidang sains. Mereka berkompetisi pada dua cabang lomba yakni Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.


OSN SD 2019 diadakan untuk menyediakan suatu wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat, sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.


Sedangkan OSN SMP 2019 fokus pada 3 (tiga) bidang yaitu Matematika, IPA dan IPS. Dengan jumlah peserta 408 siswa.
OSN SMP mendorong pihak-pihak yang berwenang untuk memberikan ruang belajar, memfasilitasi dan menstimulus para siswa dan guru yang berprestasi dan memiliki bakat minat pada sains agar dapat meningkatkan kemampuan akademisnya.


Penyelenggaraan OSN jenjang SMA di Manado mempertandingkan sembilan bidang sains, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/ Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Bidang Geografi. Untuk bidang Matematikan diikuti 77 peserta, Fisika 79 peserta, Kimia 74 peserta, Komputer/Informatika 75 peserta, Biologi 77 peserta, Astronomi 72 peserta, Ekonomi 77 peserta, Kebumian 77 peserta dan Geografi 77 peserta.


Penutupan OSN 2019
kegiataan OSN SD 2019 telah dilaksanakan selama tujuh hari dari tanggal 30 juni hingga 5 Juli 2019. Sedangkan tes dari tanggal 2-3 Juli 2019, dan pada tanggal 4 juli 2019 peserta OSN SD berwisata edukasi di Candi Borobudur.


Alhamdulilah OSN 2019 berjalan dengan lancar, dan para pemenang pun sudah siap di umumkan. Para peserta osn SD telah berkumpul di ballroom The Rich Hotel dengan busana adat masing-masing daerah, mereka terlihat sumringah karena telah melalui olimpiade ini. Selamat ya adek-adek yang sudah jadi juara, kalian semua istimewa kok. 


Dari grafik perolehan medali diatas, provinsi DKI Jakarta keluar sebagai juara umum disusul oleh Jawa timr dan Banten.



Dan diatas ini adalah rekapitulasi perolehan medali OSN SMP tahun 2019. Kota kamukah yang menjadi juara umum?

Nah kalian yang mau tau lebih jauh lagi tentang OSN yug follow akun sosmed dari Dikdasmen Kemendikbud, 
Twitter : Dikdasmendikbud
Instagram : Dikdasmen_kemdikbud


  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Aku kira OSN kali ini cuma diadakan di Jogja saja. Ternyata diadakan di dua kota ya, Jogja dan Manado. Baca ini jadi teringat saat tahun 2006 pas masih kelas empat SD kala itu saat ikut lomba olimpiade IPA se-kabupaten Kendal dan ternyata aku kalah.

    BalasHapus