Aktif Travelling, Bye Bye Anyang-anyangan

By Mara solehah - Juli 09, 2019


Hoby aku travelling, mau pantai, perbukitan atau pedesaan aku suka. Berbagai moda transportasi juga sudah aku cobain semua, darat laut dan udara tentunya. Kalau darat dan jarak tidak lebih dari 150km aku memang lebih suka naik motor, karena memang punyanya itu juga aku berada dalam kendaliku sendiri menentukan dimana saja aku mau berhenti, tidak seperti saat naik bus kan.

Biasanya berhenti karena apa sih?
Aku biasanya berhenti dari motor paling karena lapar, cari bahan bakar dan tentunya kebelet untuk buang air kecil. Nah ini paling rempong, buang air kecil harus cari toilet yang bersih. Kalau gak nemu? Ya ditahan sampai ketemu. Dan hal ini berulang-ulang gak cuma saat travelling, tapi juga saat main di mall, bedanya saat di mall aku harus lap dudukan toilet dulu, semprot-semprot dulu. Ribet deh.

Sampai ketemu toilet yang bersih, ternyata belum kelar. Karena kebiasaanku tadi buang air kecilku jadi nyeri dan gak tuntas, keluarnya sedikit-sedikit jadi musti bolak-balik ke toilet dan tentunya dengan rutinitas bersih-bersih dulu, hah capek bikin gak percaya diri aja. Dan ternyata aku terkena penyakit anyang-anyangan.

Pernah gak sih kamu saat pipis, lalu yang keluar sedikit? Atau terasa nyeri buang air kecilnya? Ya, seperti itulah anyang-anyangan yang aku derita. Kalau terlalu sering dan dibiarkan saja, bisa berkembang menjadi penyakit infeksi saluran kemih. Dari hal sepele, menjadi sesuatu yang berbahaya dan menghambat pekerjaan sehari-hari kan, yang biasanya aktif pun jadi malas mau ngapa-ngapain, termasuk aku. Saat travelling kena ayang-ayangan jadi gak aktif exsplore deh. 

Nah dari pengalaman aku tadi aku mau cerita apa itu anyang-anyangan , penyebabnya juga caraku mengatasinya.

Anyang-anyangan

Anyang-anyangan bisa menyerang pria maupun wanita, dari muda sampai tua. Namun faktanya 5 dari 10 wanita di Indonesia pernah mengalami anyang-anyangan atau disebut ISK (Infeksi Saluran Kemih).
ISK adalah infeksi yang terjadi pada saluran kemih, infeksi ini terjadi karena mikroba. Dan sebagian besar kasus penyakit ini disebabkan oleh bakteri, dan sebagian kecil oleh jamur dan virus.

Anyang-anyangan tidak selalu menimbulkan gejala yang spesifik. Namun kondisi berikut secara umum dapat menjadi tanda-tanda kita bisa jadi mengalami anyang-anyangan:

  • Hasrat berlebih untuk buang air kecil.
  • Buang air kecil lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit.
  • Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita.
  • Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus.
  • Rasa perih ketika buang air kecil.
  • Urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah.
  • Merasa lelah dan kurang sehat.
  • Demam
Dan Alhamdulilah anyang-anyangan yang aku derita belum ke tahap serius, baru nyeri dan keluar dengan volume sedikit. Belum jangan sampai keluar darah deh, ngeri.

Nah karena aku mengalami anyang-anyangan, aku jadi banyak baca beberapa artikel penyebab anyang-anyangan, diantaranya yang dapat aku simpulkan adalah



Bakteri E.Coli

Tau gak sih? 80% anyang-anyangan disebabkan oleh bakteri  E.coli? Bakteri ini termasuk ke dalam jenis bakteri patogen, yang artinya bisa merugikan kesehatan. Bakteri ini hidup di saluran pencernaan manusia, dan bahayanya, dia memiliki daya tahan yang sangat kuat dan bisa bertahan dalam kondisi ekstrim. Bajteri E.Coli dikeluarkan melalui anus bersamaan dengan feses, dan dapat secara tidak sengaja masuk ke saluran kemih dan menempel di dinding saluran kemih. Jika didiamkan bisa menyebabkan ISK.

Bakteri E.Coli ini ada di sekitar kita, terutama di daerah yang terbilang kotor. Rumah yang paling nyaman bagi mereka : toilet umum. Toilet yang jarang dibersihkan sangat memungkinkan terkontaminasi bakteri E.coli sebagai tempat berkembang biaknya. Ketika kita kurang menjaga kebersihan, bakteri ini bisa masuk melalui saluran kencing yang menyebabkan anyang-anyangan.

Manahan BAK
Nah kalau ini hal yang bikin aku ayang-ayangan , menahan buang air kecil. Ya gimana kalau toilet gak bersih akunya gak nyaman.
Jadi mulai hari ini jangan menahan buang air kecil deh, kalau dirasa toilet umum gak bersih ya bawa perlengkapan perang seperti tisu basah dan disinfectant buat disemprot.

Kurang Minum Air Putih
Seringkan dapat pepatah minum air putih 2lt sehari? Itu jumlah minimal untuk mengganti keringat dan air seni yang keluar dari tubuh loh. Kalau bisa sih minum setiap hari lebih dari 2lt ya. Karena dengan memperbanyak minum air putih tubuh kita akan terhidrasi dan kita akan lebih sering mengeluarkan air seni sehingga bakteri yang menempel pada saluran kemih akan ikut luruh bersama keluarnya air seni. Jadi resiko kita terkena infeksi saluran kemih akan semakin kecil.

Cara Mengatasi Anyang-anyangan
Ada satu solusi yang sudah di teliti dan digunakan di dunia untuk mengobati penyakit anyang-ayangan yaitu dengan buah Cranberry.
Cranberry efektif mencegah infeksi saluran kemih karena kaya akan Proantocyanidin (PAC) yang dapat mencegah penempelan bakteri E-coli pada dinding saluran kemih.

Cranberry sebagai pilihan alternatif non antibiotik profilaksis, yang dapat mengurangi angka kejafian infeksi E Coli pada saluran kemih sebesar 36%, serta menurunkan 58% angka kejadian infeksi saluran kemih berulang. 


Tapi…. Dimana coba cari buah cranberry di Semarang? Kalaupun ada, pasti mahal karena buah impor kan. Duh sudah susah dicari, harga juga tidak bersahabat, ditambah lagi rasa buah cranberry ini asam kalau dimakan langsung, jadi harus diolah menjadi jus dulu.

Namun jangan khawatir gaes, karena Combhipar sangat pengertian sekali ya dengan kita jadi mereka mempersembahkan Prive Uri-Cran suplemen untuk penderita anyang-anyangan  yang pertama di Indonesia.


Konsumsi uricran dapat bantu mencegah anyang-anyangan dan ISK sehingga tidak perlu konsumsi antibiotik

Uricran terdapat 2 varian yaitu serbuk dan kapsul, kalau aku lebih suka yang serbuk lalu dilarutkan dalam air diminum sehari 1-2x, rasanya segar sedikit asam dan manis.


Kini aku sudah bebas dari anyang-anyangan berkat Prive Uricran, bisa travellingan tanpa terganggu deh. Kamu jangan sampai anyang-anyangan yah, karena kamu gak akan kuat kalau gak minum uricran.


sumber : uricran.co.id dan pengalaman pribadi

  • Share:

You Might Also Like

15 komentar

  1. Temen travelingnya nambah ya. Nambah uri-cran hehe. Biar kemana aja tetep nyaman tanpa anyang-anyangan

    BalasHapus
  2. Nah sama nih..sekarang aku bawa uricran juga di tas..hehe..

    BalasHapus
  3. aku tuh kalau traveling paling males ke toilet umum, jadinya suka nahan hehehe, tapi nggak boleh ya, baeklah tobaaat

    BalasHapus
  4. kayaknya memang enak yang serbuk ya? bisa ditambah es batu biar makin seger. jadi pengen nyetok uricran nih karena pernah ISK berulang.

    BalasHapus
  5. Rasanya enakkk hehehe. Aku jarang nahan pipis. Tp kalo mudik dari hawa dingin drastis ke panas itu memicu banget mbak

    BalasHapus
  6. Iya nih, aku juga selalu bersih2 toilet dulu kalo mau pipis.
    Tp kalo udah di ujung,, ya mau gimana lagi. Daripada ditahan (yg nantinya berujung sakit), mending terima toilet apa adanya & tetep jaga kebersihan daerah intim.

    Kalo misal terlanjur anyang-anyangan, coba pake Uricran deh.

    BalasHapus
  7. Aku yang kurang banget nih minumnya, mb, makanya kalau ada acara di luar rumah atau pas perjalanan jarang terasa BAK :)
    Kurang sehat juga sih. Namun, bisa ini sedia Uricran di tas, buat jaga-jaga.

    BalasHapus
  8. Pernah kena ISK waktu hamil. Rasanya ga enak banget. Ternyata ISK bisa juga krn sering nahan2 pipis ya. Kalo cewek kayaknya dah hampir semua bakal gini kalo pas travelling ga nemu toilet bersih.

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah ya untung ada uricran, traveling jauh bukan halangan lagi
    aku udah pernah konsumsi uricran, alhamdulillah aman

    BalasHapus
  10. Gara-gara toilet kotor kita jadi ogah ya buang air kecil Mar. Kayak gimanaaa gitu kalau pake toilet jorok. Cuma ya itu deh, jadinya ngempet pipis berkelanjutan. Jadinya malah anyang-anyangan deh. Untung aja udah ada Uricran yaaa...

    BalasHapus
  11. Anyang-anyangan bikin tersiksa ya, lagi beraktivitas malah terganggu ke toilet dan nggak tuntas hiks

    BalasHapus
  12. Yang suka traveling emang kudu bawa Uricran, jadi pipis di toilet umum pun gak takut kena kuman

    BalasHapus
  13. Hail Combiphar yang sudah mengeluarkan produk Uricran.

    Jamannya bisa say bye bye pada anyang-anyangan nih ^^

    BalasHapus
  14. Pagi ini aku mau berangkat traveling ke Solo, kudu nyiapin Uricran ini juga ya. Dicampur air dingin, uhhh, segernya. Apalagi kalau siang panasnya minta ampun. Ini teman traveling banget.

    BalasHapus
  15. cranberry memang sehat dan banyak manfaat ya :D

    BalasHapus