Liburan? ke Karimunjawa yuk

By Mara solehah - Juni 18, 2019


Hay readers, libur lebaran emang sudah usai tapi musim liburan anak sekolah sudah tiba loh, saatnya pegipegi ye kan. Liburan di musim panas begini memang paling asik, karena cuaca bakal cerah jadi sangat mendukung banget. Lantas biasanya bakal ada vote antara liburan ke gunung apa ke laut. Kamu tim mana? Aku sih jelas dong tim laut.. Hehe

Nah laut yang jadi favorit aku itu di kepulauan Karimunjawa. Kepulauan dengan luas lahan - + 15000 hektare dan perairannya ±110.000 hektare menurut Wikipedia ini butuh waktu setahun deh buat mengelilingi semua gugusan pulau-pulau dan isi lautnya.

Bagaimana cara ke KarimunJawa

Buat aku nih, waktu itu sangat berarti jadi selalu memilih transportasi yang tercepat adalah solusi. Transportasi ke Karimunjawa dari Semarang  tercepat bisa menggunakan pesawat, jarak tempuh hanya memerlukan waktu 30 menit saja.


Melalui appilkasi pegipegi, kita bisa booking tiket pesawat dari Semarang ke Karimunjawa ataupun sebaliknya dengan harga tiket pesawat  murah. Saat ini hanya ada satu maskapai yang melayani rute ini, jadi saat menemukan tanggal yang cocok bisa langsung booking karena sering soldout, terutama saat weekend.


Applikasi pegipegi sangat mudah digunakan, tinggal download applikasinya di playstore untuk pengguna android dan Appstore di iOS. Lalu pilih menu pesawat dan masukkan lokasi asal dan tujuan lalu tanggal dan jumlah penumpang jangan lupa. Tinggal search ketemu deh tiket murah ke Karimunjawa.

Kalau sudah menemukan transportasi menuju Karimunjawa, rencanakan juga bagaimana liburanmu di sana, kamu mau explore sendiri maupun menggunakan jasa trip. Nah lokasi-lokasi yang bisa dikunjungi saat liburan meliputi darat dan laut, bisa contek itinirary yang aku buat ini ya.

Itinirary 3 hari di Karimunjawa

Hari Pertama :
Sampai di Bandara Dewandaru pukul 11.50, bisa minta jemput dari trip yang di sewa ataupun dari pihak penginapan . Lalu melanjutkan perjalanan ke penginapan dan istirahat sebentar.

  1. Bukit love

Sebaiknya dikunjungi sore hari karena matahari sudah tidak terik dan akan dimanjakan view sunset yang sangat menakjubkan. Lanjut hingga jam 7 malam di tempat ini masih oke karena bisa melihat langit malam dengan bintang-bintang yang berkelip.

2. Alun-alun



Beranjak dari Bukit Love perut mungkin sudah minta amunisi, cari saja di alun-alun. Aneka masakan seafood dengan aneka bumbu lengkap ada di sini. Aku pengen cobain lobsternya deh sepertinya enak banget. Yang mau makan lobster siapkan kocek minimal 250k ya, saat aku keliling alun-alun harga termurah aku dapat 200k, tergantung ukuran dan memang harus bertanya dari satu pedagang ke pedagang lain.
Selain seafood, ada tempat jualan oleh-oleh juga seperti baju, terasi dan aneka ikan asin.

Hari ke-2
Hari ke-2 pilihlah trip laut. Kamu bisa ikutan opentrip atau sewa kapal sendiri. Kamu bisa explore laut bagian barat ataupun timur tergantung cuaca. Aku share yang bagian barat ya.

  1. Snorkling di pulau gosong


Yah namanya juga pulau gosong, ini seperti gugusan pulau yang sudah tenggelam dan tidak ada kehidupan flora nya. Hanya fauna di dalam laut. Tapi jangan kuatir karena di sini aku bisa bertemu dengan ikan badut atau lebih terkenal dengan nama Nemo karena sebuah film animasi.

2. Makan siang di Pulau Cemara Besar



Turun ke Pulau Cemara besar ini bakal disuguhkan air laut yang seperti crystal. Dan pasir dibawahnya membentuk corak marmer. Keren banget.
Jalan kaki ke pulau, ingatlah untuk memakai sandal karena bakal ada serpihan coral yang tentunya sakit kalau terinjak.
Makan siang di pulau tentunya dengan menu ikan bakar, menunggu ikan selesai dibakar bisa poto-poto narsis.

3. Snorkling di Menjangan Kecil



Selesai makan siang lanjut perjalan lagi untuk snorkling part 2. Dan lokasinya dekat dengan Menjangan kecil. Perairan di lokasi ini sangat tenang, bagi pemula sepertinya cocok. Coral dan ikan juga indah banget, ada coral yang menarik perhatianku warnanya biru neon. Sayang aku agak dalam, jadi aku belum berani melihat dari dekat.

4. Sunset di Pulau Menjangan Kecil



Pulau Menjangan kecil terdapat resort yang disewakan, jadi untuk masuk ke area ini kita harus bayar 20k. Namun ini sebanding dengan view dan fasilitas. Di pulau ini terdapat beberapa kolam ikan yang terpisah-pisah seperti kolam ikan hiu, ikan kembung, jelly fish, starfish dan lainnya.

Hari ke-3
Pagi-pagi mengunjungi pantai juga seru kok, ada 2 pantai yang aku rekomendasiin

  1. Pantai tanjung gelam


Pantai ini ikoniknya pohon kelapa miring, selain itu ada juga bebatuan yang orang awam melihat potonya saja bakal mengira ini di bangka belitung, padahal ya di Karimunjawa. Pantai ini jika dikunjungi pagi bakal dapat view yang cantik dengan pemandangan yang clear. Namun bila dikunjungi sore bisa melihat sunset dengan ciamik juga.


2. Pantai Bobi



Masih tergolong baru namun pamornya mulai terlihat. Pantai ini menghadap timur, jadi cocoknya memang pagi. Terdapat beberapa spot foto seperti rumah pohon, ayunan dan pohon-pohon kelapa.

Semua lokasi sudah bisa dilihat melalui google maps, dan jalannya sudah bagus semua.

Jam10.00 sebaiknya sudah perjalanan menuju ke Bandara Dewandaru.

  • Share:

You Might Also Like

14 komentar

  1. Keren Karimunjawa. Saya belum kesampaian kesana. Hmmmm

    BalasHapus
  2. Salah satu destinasi wisata impian, tapi sayangnya sampe sekarang impian itu belum terwujud. Semoga...suatu saat.

    BalasHapus
  3. Duuh ..pengen ke Karimunjawa lagi niih.. Oya, jadwal pesawat itu ada tiap hari kan ya?

    BalasHapus
  4. Wah ternyata ada banyak ya tempat wisata yang ada di karimunjawa. Kirain ke pulau aja, udah gitu doang. Maklum belum pernah ke sana. Thanx ya mba ulasannya

    BalasHapus
  5. Ayuk lah ajakin aku kalo ke Karimun Jawa lagi. Ngelihat pantainya yang bersih dengan langit biru itu bikin aku mupeng nyebur atau main air.

    BalasHapus
  6. Mau banget deh ke karimunjawa. Cuma waktu dan dananya nih belum tersedia. Moga suatu saat bisa kesampaian deh

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah sudah kelakon piknik ke Karimunjawa pas anniversary pertama hihihi.. Bener-bener wajib buat ke sini. Trus malam makan di alun-alun. Kapan lagi ngrasain cumi besar dengan harga murah haha

    BalasHapus
  8. Seruuuu mb. Btw, Wings Air satu-satunya? Kayaknya pernah denger Susi Air ya, atau itu cuma buat muatan barang saja?

    BalasHapus
  9. Rasanya seperti dipanggil-panggil buat ke Karimunjawa. Kerennya masyaAllah. .

    Btw ke Karimunjawa tuh impian dari saat masih kuliah sampa sudah berbuntut 2 belum kesampaian.

    BalasHapus
  10. Mau dong Mara kalau pada kesana lagi, aku ikutan, kangen banget pengen merasakan vitamin sea mumpung cuaca udah terang ya

    BalasHapus
  11. Omagaaa... Mara kau berhasil bikin aku envy. Udah 25 tahun yang lalu saat terakhir kali ke sana hihiii.. ternyata sekarang udah berkembang sebagus ini ya. Hayuk lah kapan bikin trip lagi ya Karjaw, pengin ikuuuttt..

    BalasHapus
  12. Huwaaa Karimun indah banget
    kapan ya aku bisa ke sini, semoga ada rejeki aamiin.
    Banyak spot yang cantik dan magis, aku sering liat postingan zain mupeng

    BalasHapus
  13. Aah cita cita banget nih bisa ke Karimunjawa bareng keluarga. Makasih review nya Mara.. jadi ada gambaran kalau mau ke sana.

    BalasHapus