Mudik Lebaran Tanpa Cemas berkat Pinjaman Online

By Mara solehah - Mei 16, 2019




Sumber : Kanal Kalimantan 

Hay sahabat, selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan yah. Tidak terasa sudah seminggu lebih bulan yang penuh kasih ini terlewati dan akan berganti dengan hari raya idul fitri, moment yang tidak boleh dilewatkan untuk silaturahmi bersama keluarga, ya dong moment setahun sekali gitu loh. Tapi keuangan akan menjadi salah satu penghambat untuk mudik bareng keluarga, namun jangan cemas sekarang kan ada pinjaman online yang prosesnya sangat mudah.

Biasanya nih para pemudik resah dengan keuangan karena mereka belum prepare jauh hari. Padahal semua bisa disiasati dengan cermat. Menabung jauh hari misalnya. Atau menambah pendapatan dengan pekerjaan sampingan, atau memilih transportasi yang tepat,seperti mengandalkan musim promo dari beberapa agent travel.

Menggunakan transportasi sesuai kocek, ya kalau sendirian ada dana memilih mudik menggunakan pesawat lebih efisien tentunya karena lebih nyaman dan cepat sampainya bukan. Tapi bagaimana dengan keluarga besar? Alat transportasi udara menjadi pilihan nomor kesekian karena sudah bukan rahasia umum lagi jika harga tiket pesawat melambung tinggi meski hastag #tiketpesawattidakmahal menjadi trending topik beberapa waktu yang lalu.
Bagi keluarga biasanya memilih transportasi darat  berupa mobil pribadi, bis,travel juga kereta. Karena lebih murah pastinya . Dan bagi rantauan yang terpisahkan oleh lautan bisa menggunakan kapal untuk transportasi laut.

Tentunya banyak hal yang harus disiapkan untuk mudik selain dari segi transportasi yang dipilih diantaranya adalah :

  1. Keuangan

Sumber : Moneysmart

Ini yang sangat penting, bisa saja mengandalkan gaji ke-13 atau THR tapi keperluan mudik tidak sesedikit itu. Apalagi tradisi salam tempel untuk kerabat yang masih kecil-kecil masih melekat di negara kita, belum lagi membawa oleh-oleh untuk orang tua juga membeli baju baru untuk keluarga. Hmmmm PR sekali ya

  1. Waktu libur
Sumber : klikbontang

Atur cuti kamu jauh-jauh hari dan singkronkan dengan libur anak sekolah, jangan terlalu mepet dengan tanggal masuk ke Sekolah. Karena anak akan kelelahan dan jetlag.

  1. Kesehatan


Jaga kesehatan, jangan sampai ambruk saat lebaran, puasa jaga kesehatan eh ketemu makanan lebaran yang mayoritas berlemak dan bersantan. Hemmm bikin kolestrol yes.

  1. Keamanan rumah


Selalu cek keamanan rumah saat mau mudik, cek listrik adakah yang masih tetancap untuk menghindari konsleting, matikan lampu-lampu yang tidak penting namun tetap nyalakan penerangan di teras rumah. Dan gembok semua pintu agar tidak ada hal yang tidak dikehendaki terjadi.

  1. Cek kendaraan


Cek tekanan udara, ganti oli dan juga cek rem, jika kamu menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik.

  1. Berdoa


Jangan lupa untuk selalu berdoa sebelum perjalanan dimulai. Karena doa akan menemani dan menyelamatkan kita.

Dari ke-6 hal diatas faktor keuangan memang penentu, sudah menabung namun selalu terpakai karena kebutuhan yang tidak disangka-sangka seperti mendadak sakit atau keperluan anak sekolah dan lain sebagainya. Meminjam mungkin jadi salah satu alternatif, tapi siapa yang mau dipinjami saat menjelang lebaran? Karena semua orang pun butuh saat moment itu.

Pinjaman konvensional mungkin menggiurkan tapi harus menggunakan agunan, dan menyita waktu untuk administrasi. Namun sekarang tidak perlu risau lagi karena ada pinjaman online yang terpercaya. Dan pinjaman online atau biasa disebut fintect ini tidak mensyaratkan BI checking dan kepemilikan kartu kredit pada saat pengajuan pinjaman. Proses pencairan dana yang jauh lebih cepat, daripada bank yang harus menunggu 1–2 minggu.
Mungkin dari kalian masih ragu, maka sebelum melakukan pinjaman online atau fintect sebaiknya cek dulu. Dan ini adalah tips dari saya :

1. Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)



Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mempunyai tugas melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan di sektor Perbankan, sektor Pasar Modal, dan sektor IKNB.
Perusahaan Fintect harus memiliki legalitas yang jelas. Dengan janji mereka memberikan pinjaman langsung cair, jika perusahaan belum terdaftar maka akan besar risikonya bagi konsumen. Pastikan legalitasnya, karena hal tersebut terkait dengan perlindungan konsumen.

Kamu pasti pernah mendengar tentang isu penagihan melalui daftar kontak dari konsumen kan? Itu adalah perbuatan ilegal dari fintect yang tidak terdaftar di Ojk. Dan jika kamu mengalaminya, kamu bisa loh melaporkanya ke Ojk.

2. Syarat yang Mudah


Ini memang menggiurkan, cukup KTP dan identitas pendukung. Tanpa survey kerumah. Dan setelah Acc dana pun cair. Ini sangat membantu sekali bagi orang-orang yang tidak memiliki dokumen lengkap.

3. Pencairan yang Cepat


Cepat, menjadi sebuah cara terbaik dalam dunia digital mengatasi masalah terutama dalam bidang finansial. Dan kamu harus berhati-hati dalam perjanjian yang memang ditetapkan jika sudah berhasil mengajukan pinjaman ya gaes.


Nah kalian mungkin kesusahan nih, untuk cek satu-satu Pinjaman Online mana aja ya yang sudah dapat pengawasan OJK dengan syarat yang mudah dan pencairan cepat. Jangan bingung kalian bisa cek di https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online.
Di cekaja.com kamu akan mendapatkan informasi terbaik untuk mengatasi masalah keuangan saat-saat mendesak buat mudik. 

  • Share:

You Might Also Like

13 komentar

  1. Dipikir2 trnyata buat mudik tuh banyak persiapan ya. Strong bgt dah emak2 pengatur keuangannya biar bisa mudik. Hihi

    BalasHapus
  2. Wah..karena yg seperti ini tidak termasuk pinjaman untuk produktif..perlu hati2 benar penggunaannya dan upaya pelunasannya nih ya.. Tapi tetep bersyukur ada pinjaman online yg praktis ini ya..

    BalasHapus
  3. Sekarang hidup di jaman serba digital juga dilengkapi dengan fasilitas kemudahan utk pinjaman atau agunan kredit online juga ya. Makasih tipsnya y non Mara

    BalasHapus
  4. Betul sekali. Ada banyak hal yg perlu disiapkan ya menjelang mudik

    BalasHapus
  5. Bersyukur banget karena mudik kami gak terlalu jauh, jadi biayanya juga gak besar-besar amat.

    BalasHapus
  6. iya, kalau dibawa OJK insya Allah lebih terjamin ya, btw mara mudik opo orak ki? hehehe

    BalasHapus
  7. cekaja.com ngebantu banget dong, mbak.
    pengen ngerasain mudik, btw. kayaknya seru ya.

    BalasHapus
  8. Alhamdulilah mudik kali ini sudah ga perlu mikir tiket. Karena masih bisa dijangkau dengan kendaraan sendiri. Semoga dilancarkan mudik kita ya, Mbak. Selamat aman sentosa. Aamiin.

    BalasHapus
  9. Lega deh ya akhirnya bisa mudik lebaran dengan tenang
    Hati-hati banget memang ini ya, pinjaman online harus yang sudah legal terdaftar di OJK

    BalasHapus
  10. Pinjaman online bisa banget kita gunakan sebagai sumber dana yang cepat pencairannya. Hanya saja kita harus waspada akan penggunaannya, jangan sampai tergiur untuk pinjam tapi tidak punya sumber pendapatan untuk membayar cicilan nantinya ya.

    BalasHapus
  11. Poin2 yg disaranin kalau mau pergi2an tuh harus jadi perhatian juga ya. Salah satunya soal keamanan rumah selama kita tinggal pergi

    BalasHapus
  12. Persiapan mudik juga musti diperhatiin ya, biar aman terkendali. Yang penting lagi ya, sangunya. Musti ada persiapan jauh-jauh hari karena pengeluaran pasti lebih besar

    BalasHapus