HUT KEMENTERIAN BUMN ke-21 di SEMARANG

By Mara solehah - April 15, 2019





Semarang, sabtu lalu 13 april 2019 Kementerian BUMN merayakan ulang tahun yang ke-21 di Marina Convention Center Semarang. Acara ini dihadiri sebanyak 143 perusahaan BUMN dengan menggunkan kaos putih bertuliskan One Family, One Nation, One Vision.


Acara dimulai dengan kirab warak ngendog dan beberapa tarian khas Semarang, semua terlihat antusias, orang asli Semarang taunya Warak Ngendok hanya sebuah mainan raksasa dengan telur di bawahnya yang selalu diarak setiap penutupan dugderan yang artinya cuma satu tahun sekali saat mnyambut bulan puasa. Namun sebenarnya Warak Ngendok dijaman dahulu dikenal sebagai hewan mitology yang sakti oleh warga Semarang.Bentuknya perpaduan antara kambing di bagian kaki, naga pada bagian kepala dan buroq di bagian badan. Sedang ngendog itu artinya bertelur. Jadi saat diarak di bawah hewan ini terdapat mainan telur berukuran raksasa juga.


Acara dilanjut dengan senam lintas generasi, dimulai dengan SKJ, senam poco-poco dan yang jaman now senam zumba. Seru banget semua bergoyang bersama tanpa pandang usia dan jabatan.
Biar semangat semakin berkorbar, lagu Indonesia raya pun diputar dan dinyanyikan bersama. Semua terlihat khidmat. Lalu doa bersama yang dipandu oleh habib Muthohar.


Dan kemudian persembahan dari millenial BUMN semarang menyanyikan jigle BUMN dan memakai baju adat. Anak-anak BUMN pasti tidak asing dengan lirik lagu ini :
Kita memang beda, Namun satu jiwa
Berjanji bersama membangun negara
Genggamlah tanganku, satukan semangatmu
Bertekat tuk maju, melangkah tak perlu ragu-ragu
Reff:
Mari kita satukan hati, bagi bangsa ini
Mari kita wujudkan mimpi, kerja nyata dan pasti
Bakti BUMN untuk Ibu pertiwi

Akhirnya yang ditunggu-tunggupun memberikan sambutannya, Ibu Menteri BUMN Ibu Rini Soemarno berpesan “BUMN harus semangat, kuat dan tangguh. Kita melakukan yang terbaik untuk bangsa dan negara Indonesia.” Suara semangat millenials BUMN pun bergema kemudian dilanjutkan lagi oleh ibu Rini “Titip untuk adik-adik millenials, harus jaga BUMN kita! BUMN harus tetap besar dan tetap kuat membangun Indonesia”


Dipojokan dekat panggung terdapat stupa Borobudur berukuran raksasa, yang setelah didekati merupakan stupa dari Nasi Kuning setinggi 4meter. Wah bagaimana motongnya ya? Ternyata nasi kuning ini buatan WIKA dan sudah disediakan crane untuk memotongnya. Ibu Rini pun naik ke crane untuk memotong tumpeng raksasa ini, duh hati-hati ya bu. Potongan tumpeng pertama diberikan kebada karyawan termuda (23th). selanjutnya nasi kuning dipotong dan dibagikan sebanyak 5821 peserta yang hadir.


Yaaah aku tidak kebagian nasi kuningnya gaes, untung aku menggunakan linkaja. Linkaja ini merupakan Emoney dari BUMN, dan siapapun bisa beli makanan di booth-booth yang tersedia disana dengan cara scan barcode. Dan tahukah kamu? Cuma bayar 500 rupiah doang! Iya semua makanan cukup bayar 500 rupiah doang. Aku sudah makan nasi pindang ayam, roti dan risoles. Emmmmmm kenyang cuma dengan uang 1500 rupiah saja, coba kayak gini setiap hari kan hemat hehehehe

Dari booth makanan, aku masih mendengar suara MC yang mebacakan para karyawan yang mendapatkan penghargaan, salah satunya pegawai termuda, lalu berprestasi dan lain-lain. Hadiahnya gak tanggung-tanggung, setiap orang mendapatkan paket umroh untuk 2 orang, atau yang non-muslim bisa wisata religi sesuai agama yang dianutnya. Lalu adapun hadiah berupa tiket PP ke Jepang. Duh ngiler sama hadiahnya aku. 


Dalam acara ini Kementerian BUMN memecahkan 3rekor MURI diantaranya adalah : 
1. Replika tumpeng borobudur dengan nasi kuning terbesar
2. Transaksi QR Code kurang dari 5 jam terbanyak (LinkAja)
3. Nasi kuning terbanyak yang dibagikan


Dan acara ditutup oleh kehadiran Menteri BUMN yang pertama dan juga bintang tamu yang hadir seperti Janeta janet dan Armada. 

  • Share:

You Might Also Like

29 komentar

  1. Seruuu bangeeett...

    asyiknya bisa makan2 dengan 500 rupiah saja.
    Salut ya ama BUMN sekarang semakin bagus aja kinerjanya.

    lebih transparan dan lebih dekat ke masyarakat juga.

    Dan jadi ingat saldo TCash saya apakah diakumulasi di Linkaja kali ya :)

    BalasHapus
  2. Wah tumpeng raksasa di HUT BUMN ini nih yang bikin kita semangat terus untuk memajukan negara lewat kemakmuran rakyat bersama perusahaan BUMN

    BalasHapus
  3. Waduh! Tumpeng segitu besar masih gak kebagian juga? Tetapi, memang meriah banget acaranya, ya. Peserta yang datang juga banyak :)

    BalasHapus
  4. Wah kalau bayar makanannya hanya 500 aja mah aku belanja tiap hari makanan i luar 😁 btw selamat ulang tahun buat BUMN smga makin memberi arti untuk negeri ini

    BalasHapus
  5. Ternyata ada warak ngendog juga ya kemarin. Itu tumpeng gede banget..

    BalasHapus
  6. selamat HUT BUMN semoga kinerjanya selalu memberikan kepuasan bagi masyarakat ya

    BalasHapus
  7. Salfok sama tumpeng yang motongnya musti pake crane, hahaha. Selamat HUT BUMN, semoga selalu membawa kebaikan untuk rakyat

    BalasHapus
  8. MAra nyobain tumpengnya juga dong secara jadi rekor MURI kaya gitu. Meriah banget ya acara HUT BUMN ke-21 ini. Aku pnasaran pingin lihat warak endognya tuh seru juga ya

    BalasHapus
  9. Wow itu tumpengnya gede banget, jadi pengen makan tumpeng hehe. Btw selamat HUT BUMN tetap memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara.

    BalasHapus
  10. Lhooo koq enak banget jajanannya 500 rupiahan gitu Mara. waaahh... jadi iri nih ;)
    Keren ya acara ini bisa sukses dan mendapatkan pemecahan rekor MURI gitu. Tapi emang dahsyat deh itu tumpengnya, potong tumpeng sampe kudu naik crane segala :))

    BalasHapus
  11. Wah seru n keren ya acara perayaan nya...ada acara pemecahan rekor mu

    BalasHapus
  12. Wuih, seru banget. Di banyak tempat tenyata ya ada event untuk merayakan HUT BUMN ini. Dan banyak launching produk serta program baru yang keren. Kalo deket, kepengen deh nyambangin booth-booth itu. Terutama booth makanan :D

    BalasHapus
  13. Waah ramai ya ,aku ngikutin postingan teman ttg ultah BUMN ini ikutan ngrasa bersuka ria hehe :D
    Semoga BUMN makin besar dan makin banyak yang dilakukan utk negeri ini shg negeri ini jd lbh makmur aamiin

    BalasHapus
  14. Seru sekali acara Ulang Tahun BUMN di Semarang ini sih! Dan asyik bener sih transaksi pake LinkAja cuma 500 rupiah aja bisa makan sekenyangnya dong yah. Kalo aku mah bakal diborong semuanya deh hahaha.

    BalasHapus
  15. Aku bolak balik zoom itu gambar kuning. KIrain apa gitu. Setelah bc baru tau kao itu nasi. Wow..

    BalasHapus
  16. aku tuh nunggu HUT BUMN di Jakarta, kapan ya?
    Ingin datang, kan banyak promo dan bertabur hadiah. Hehehe...

    BalasHapus
  17. HUT BUMN di Surabaya ada nggak ya?!
    Pasti seru kalau bisa ikut euforianya jadi tahu semangat BUMN ke depannya seperti apa

    BalasHapus
  18. Ngeri og ya replika tumpengannya
    bikin pengen nanjak naik juga naik crane hahaha
    Selamat milad BUMN

    BalasHapus
  19. Nasi kuningnya ada lauk-pauknya jugakah, kak?
    Mantaap betul..

    Sukses terus BUMN.
    Makin banyak inovasi yang bermanfaat untuk masyarakat.

    BalasHapus
  20. Seru banget acara puncak HUT BUMN ke 21, tumpengnya luar biasa, kebayang nih motongnya gimana ya tumpeng sebesar itu

    BalasHapus
  21. Aku baca jingle BUMN kayak lagi nyanyi dan sambil goyang kaki. Seru ya event HUT kemarin, ikut bangga juga bisa hadir jadi saksi pencatatan rekor MURI

    BalasHapus
  22. Seru banget ya acaranya ini, pengunjungnya ribuan. Aku malah hampir pingsan waktu itu, ternyata karena laper, hihi

    BalasHapus
  23. Whua nasi kuningnya... Bisa segede gitu ya tumpengnya! Ni acara asyik banget sih Mbak. Sampai makanan per item aja sampai cuma 500 rupiah aja.

    BalasHapus
  24. kinerja BUMN sekarang makin bagus, keliahtan ada kemajuannya, ini pasti nggak lepas dari kerja kementrian BUMN juga yaa..

    BalasHapus
  25. Yah, sayang gak ikut kemarin itu, makan kenyang cuma 1500, murah pisan. Aq juga udah instal link aja. Supaya cashless. Gak perlu bawa tunai banyak2.

    BalasHapus
  26. Wow... ada acara serupa di Bandung nggak?
    lumayan kan cuman bayar 500 perak. *orangnya perhitungan dan pelit hehehe

    BalasHapus
  27. Penasaean sama atraksi kirab Warak ngendognya.. Itu diarak berkeliling gt ya

    BalasHapus
  28. Acaranya meriah banget pasti yaa Mbak..
    Sampe sekarang sy blm tahu pakr LinkAja nih, mungkin karena belum tersosialisasi dengan baik.
    Ohyaa tu tumpengnya gede baget yaaa..

    BalasHapus
  29. Menurutku, MURI kurang ketat nge-filter acara yang bisa mendapatkan rekor :") Akhirnya aku sudah nggak percaya dengan klaim/prestasi yang mendapat rekor MURI haha

    BalasHapus