Kopdar Investarian 2: Investasi untuk Rencanakan Masa Depan


Anak muda kudu melek investasi, ya gak sih ? Iya dooong. Karena untuk merencanakan masa depan nabung saja gak bakal bisa melawan inflasi loh. Nabung itu pertahun bunganya paling gede 5% Sedang inflasi juga segitu, yah impas dong ? Apalagi yg bunga dibawah 5% rugi kan.

Jadi harus bagaimana ? Investasi dong !!
Loh bukanya investasi itu beresiko ? Iya.. Tapi jika punya tujuan yang jelas dan disiplin,  resiko bisa dikelola sehingga tujuan hari esok dapat terwujud loh.

12 januari 2019, kopdar Investarian bersama reksadana Manulife yang ke-2 di Semarang, tapi aku baru sempat ikut dan acara ini benar-benar membuka mataku untuk sadar berinvestasi.


Investasi itu banyak macamnya, salah satunya bisa di pasar modal. Pasar modal itu tempat bertemunya yang punya modal dan yang butuh modal. Seperti layaknya pasar, tempat bertemunya penjual dan pembeli ya kan. Dalam pasar modal ada tang namanya saham dan obligasi. Obligasi ini kalau kita membeli, berarti kita sama dengan memberikan hutang kepada perusahaan tersebut tanpa adanya kepemilikan. Sedangkan saham, kalau kita membeli sepersekian kecil saja berarti kita sudah memiliki kepemilikan di perusahaan tersebut. Asik kan ?

Reksa Dana

Aku awam banget nih soal reksa dana,  entah kenapa pas kuliah aku bingung dengan yang satu ini. Tapi pas acara Manulife aku baru mudeng kalau reksadana itu ternyata merupakan program investasi yang menggabungkan modal dari banyak investor, dan berinvestasi pada beragam instrumen , serta dikelola secara profesional oleh perusahaan pengelola aset atau bisa disebut Manager Investasi.

Reksa dana sendiri memiliki banyak jenis, diantaranya
1. Reksa dana Pasar Uang
2. Reksa dana Pendapatan Tetap
3. Reksa dana Campuran
4. Reksa dana Saham


Mau invest di reksadana yang mana?  Sebelum memutuskan membeli reksadana, sebaiknya tentukan tujuanmu dulu "Apa" "Kapan" dan "Berapa"

Apa,  Tujuanmu apa?  Kuliah S2? Nikah?  Teavelling?  Atau pendidikan anak?

Kapan,  kapan tujuanmu ini ingin kamu lakukan? 3th lagi kah,  5th lagi,  atau 20th lagi? Waktu ini bakal menentukan kamu mau beli reksadana yang mana loh.

Berapa, berapa yang harus kamu kumpulkan dalam jangka waktu tersebut?

Contoh :


Cara berhitungnya bagaimana?  Tenang, nanti akan dibantu pihak Manulife. 

Tidak ada waktu datang ke kantor?  Bisaloh daftar ke www.klikmami.com dan livechat di web tersebut.