Berwakaf dengan Asuransi Brilliance Hasanah Maxima


Hari yang berfaedah adalah hari dimana kita mendapatkan ilmu baru atau memberikan manfaat untuk orang lain. Seperti kemarin, dari pagi mendapatkan ilmu sore pun bertemu dengan teman-teman untuk sharing masalah perencanaan keuangan. Ini bermula dari pertanyaan Isul, bagaimana kami merencanakan keuangan?  hah pertanyaan yang bikin aku  cukup bingung.

Saving dan investasi jadi bahasan kami sore itu, hingga merambah ke masalah akhirat. Investasi untuk dunia akhirat? Adakah? Tentu saja ada. Sejak 6 Agustus 2018 Sunlife dengan produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima menambahkan fasilitas baru yaitu wakaf berkala. Dengan berwakaf kita dapat mengelola keuangan sekaligus beribadah untuk memperoleh berbagai manfaat dan hikmahnya

Tapi kalian sudah tahu wakaf itu apa belum? Lalu perbedaan wakaf, zakat, infaq dan Sodaqoh apa?


Wakaf sendiri berarti menahan bentuk pokok dan menjadikannya untuk fii sabilillah sebagai bentuk qurbah (pendekatan diri pada Allah). (Lihat Minhah Al-‘Allam, 7: 5)


إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ
Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang shalih” (HR. Muslim no. 1631


Sedekah jariyah adalah amalan yang tidak akan terputus meski orangnya sudah meninggal, sedekah jariyah bisa berbentuk wakaf kitab suci atau tanah untuk rumah ibadah, sekolah dan lainya yang memberikan manfaat untuk orang lain.

Perbedaan zakat dengan wakaf adalah, zakat memiliki syarat dalam jumlah tertentu. Zakat disesuaikan dengan kadar harta yang dimiliki, dan akan diberikan kepada mustahiq atau orang-orang yang wajib menerima zakat. Zakat merupakan salah satu rukun islam, jadi menunaikan atau membayar zakat adalah wajib hukumnya.

Infak berbentuk uang yang bisa kita berikan kepada yang membutuhkan, memasukkan ke kotak masjid, atau memberikan barang yang bermanfaat untuk yayasan. Hukum infak adalah sunnah. Tidak ada batasan jumlah dalam berinfak, semampunya Anda saja. Tidak ada ketentuan waktu juga dalam melakukan infak.

Sedekah. Sedekah itu memiliki pengertian luas sebagai berbuat baik. Sedekah tak hanya soal materi saja, tapi bisa juga menyangkut dengan hal yang bersifat non materiil. Kita boleh memberikan sedekah kita kepada siapapun, terlebih lagi untuk mereka yang membutuhkan. Bahkan senyum kita sedekah lo.

Sekarang sudah tahu perbedaanya kan? Baca di sini untuk lebih lengkapnya : Ini Bedanya Wakaf dengan Zakat, Infaq dan Sedekah

Badan Wakaf Indonesia (BWI), memperhitungkan potensi wakaf di Indonesia mencapai angka Rp. 180 triliun.bNamun pada tahun 2017 total penghimpunan wakaf baru mencapai 400 miliar rupiah. Pemahaman masyarakat yang menganggap bahwa objek wakaf hanya terbatas pada tanah dan bangunan menjadi salah satu alasan yang menyebabkan potensi wakaf belum optimal. Padahal, jika dikumpulkan di kelola dengan benar objek wakaf bisa di manfaatkan sebagai investasi dalam upaya menghapuskan kemiskinan dan menangani ketertinggalan di bidang ekonomi, pendidikan dan kesehaan.

Wakaf dalam Asuransi Brilliance Hasanah Maxima diharapkan mampu menjadi sarana penggalangan dana dan menyalurkan dana wakaf sejak pembayaran premi pertama. Karena sunlife bekerjasama dengan lembaga pengelola aset wakaf (nadzir) terpercaya yaitu Badan Wakaf Indonesia (BWI), Dompet Dhuafa, Rumah wakaf, dan 174 lembaga lainya yang sudah terdaftar di Badan Wakaf Indonesia (BWI). Dana yang terhimpun akan di salurkan oleh nadzir ke berbagai sektor yang membutuhkan dari pendidikan, ekonomi juga kesehatan.

Semoga dengan adanya wakaf dalam produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima, wakaf yang terkumpul dapat disalurkan dengan tepat sasaran dan merata. Sehingga mampu membantu membangun Indonesia menjadi lebih baik. Seperti Dompet dhuafa yang memiliki jaringan rumah sakit berbasis wakaf di berbagai daerah di Indonesia , salah satunya RS Dhuafa AK Medika Sribhawo di Lampung timur.

Manfaat asuransi & keunggulan produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima
  1. Total manfaat asuransi hingga 200% manfaat kematian
  2. Menyediakan fasilitas wakaf untuk membantu Anda menunaikan wakaf
  3. Potensi hasil investasi optimal sejak tahun polis pertama
  4. Bonus loyalitas & bonus kontribusi hingga usia 100 tahun
  5. Dapat dilengkapi dengan berbagai asuransi tambahan untuk memaksimalkan proteksi
  6. Potensi untuk mendapatkan surplus underwriting
Mara solehah
Mara solehah hy, mara lahir di semarang, sukanya jalan-jalan dan makan :p IG,TW,FB : @marasolehah