7 Masakan Ibu yang Menjadi Favoritku

By Mara Solehah - Januari 15, 2018

Q : Apa makanan favoritmumu?
A : Makanan favoritku itu, makanan yang di masak ibu.

Aaaaaah jawaban klise banget, tapi memang begitu adanya. Masakan ibu itu, selain enak dan gratis juga terdapat kasih sayang di dalamnya... #eaaaaaaaa


Masakan ibuku memang tidak seperti masakan para chef di resto dan hotel berbintang, masakannya lebih ke masakan ala ndeso tapi bener-bener bikin nagih di lidah keluarga. Dan dari semua masakan ibuku, aku paling nagih kalau ibu sudah masak 5 makanan ini :

1. Asem-Asem Daging Buncis
source by google
Udara Semarang yang panas, enak loh makan sayur berkuah yang asam dengan irisan daging dan buncis yang dipotong kecil-kecil, ulalaaa di makan sayur saja enak apalagi tambah nasi, bisa tanduuuuuuk (tanduk, dalam bahasa jawa yang berarti tambah atau nambah)

2. Serundeng Daging
cookpad
Irisan daging di masak dengan kelapa yang masih muda, emmmm bukan degan ya. Air kelapanya pun ikut dimasak, memberikan rasa manis yang gurih. Daging yang empuk bikin gadoin mulu. 

 3.Daging Sapi -Terong Bumbu Tumbar Jinten

Yakin deh, aku gak tahu nama masakan ini, yang jelas bapakku suka banget kalau di masakin ibu. Dan mereka menyebutnya “masak tumbar jinten” padahal tumbar dan jinten itu bumbunya. Masakan ini sih kulihat seperti terik atau opor, namun menggunakan daging sapi dan dikasih terong yang dimasak hingga lunak.

  4. Bistik Daging sapi
warkul.blogspot.com
Ini juga favorit bapak, sepertinya apa yang bapak suka aku juga ikut suka deh. Daging sapi dengan sayur wortel dan kentang entah dengan bumbu apa lalu ditambah kecap. Rasanya manis dan sedikit pedas dari merica, sudah jangan tambah nasi kan sudah ada karbo dari kentang. Tapi ya namanya juga orang Indonesia, apalagi macam aku yang tinggal di kampung, belum makan kalau belum makan nasi kan.

 5. Empal
selerasa.com
Daging sapi di goreng empuk? Dimakan sama nasi panas lalu ditaburi bawang merah goreng sudah enak banget loh.

 6. Sayur Daun singkong
umiresep.com
Dulu tanah di sekitar rumah masih banyak yang jadi kebun, jadi sayur-sayuranpun ada yang ditanam, hemat guys. Lagi-lagi ini masakan kesukaan bapak yang aku juga suka. Daun singkong di masak santan, dengan cabe juga ya. Rasa gurihnya dapet, pedaspun juga, aku belum nemu masakan daun singkong se enak masakan ibuku, masakan kakakku mendekati sih.

 7. Oseng Daun Pepaya

Daun pepaya yang masih muda di oseng-oseng aka tumis, sederhana banget memang tapi ini juga enak kalau di masak ibu. Enggak pahit sama sekali, empuuk, di kasih irisan pete duuuh nagih deh.
Masakan ini saja sampai bikin iparku heran, kok ibu masak daun pepaya enggak pahit sedang ibunya aka besan ibuku kalau masak pahit. Ternyata resepnya itu ada di tanah liat/lempung, iya daun pepaya direbus dulu sama air yang telah di beri tanah liat. Kotor dung? Enggak juga itu.
Jadi, tanah liat di cairkan dengan air dahulu, di saring beberapa kali hingga tidak ada ampasnya. Iya airnya memang bewarna coklat, nah air itu dibuat ngrebus daun singkong. Setelah empuk diemin, lalu di saring, dan daun pepaya di cuci sampai benar-benar bersih. Baru deh di iris-iris dan dimasak dengan bumbu.

Dan dari semua masakan ibu itu, aku gak tahu resepnya, jadi jangan tanya ya :D coba googling atau tanya sama mbak Chela seorang ibu muda beranak satu yang merupakan guru SD gaul dan mba Noorma ibu muda dengan 2 orang putri juga seorang dosen, mereka adalah ibu-ibu muda inspiratif.

Setelah nulis ini aku tersadar, ternyata sedari kecil aku suka masakan daging-dagingan, pastesan gendaaats.


  • Share:

You Might Also Like

7 komentar

  1. Serundeng daging aku pun jadi suka mar, coz bumerku tiap ke ponorogo masakin itu terus, selain soto ayam dan prcrl sayut, enak enak nih masakan ibunya mara, salam ya buat ibunya dan semoga sehat selalu 😀😊

    BalasHapus
  2. Hahaha.. Baru mo komentar kok serba daging. Masakan ibu memang the best ya. Sampe aekarang aja kata anak2 masakan nenek lbh enak dr masakan umi. Duh, jujurnya ��

    BalasHapus
  3. Serundeng daging dan empal...pengen nyoba bikin sendiri jadinya. Selama ini seringnya dikasih sama saudara

    BalasHapus
  4. memang masakan ibu itu terbaiklah...nggak ada yang bisa menggantikan hehehe
    duh..bacanya sambil ngiler bayangin sendiri

    BalasHapus
  5. sayur daun singkong favorit aku bangetttt. Suka kangeeeen.

    BalasHapus
  6. Astaga, anak kos jadi kangen ibu di kampung nih hehehehehhe,
    aku juga suka banget tuh sayur daun singkong santan, sampe saat ini aku blm nemu yg lebih enak dr masakan ibuku hahahha, dasar anak ya, selalu masakan ibu yg paling enak hehe.

    ursulametarosarini.blogspot.co.id

    BalasHapus