Habiskan Akhir Tahun di Semarang (2D1N)

By Mara Solehah - Desember 28, 2017

Akhir tahun sudah di pelupuk mata, bertepatan dengan hari minggu pula. Jadi para embak dan mas kantoran gak harus lembur sampai tengah malam lagi nih,  bisa dunk liburan habiskan akhir tahun.
Bagi yang malas pergi jauh-jauh karena macet, liburan di Semarang dan sekitarnyapun cukup oke,  untuk yang dari luar kota bisa loh intip itinirary 2D1N di Semarang seperti bawah ini.

Hari Pertama : Minggu,  31 Desember 2017

1. Pasar Karetan
Terletak di dusun Segrumung,  Meteseh, Boja hanya memerlukan waktu 45menit dari kota Semarang,  dan 1jam dari pusat kota Kendal. Tempat yang asri di Radja Pendapa Camp, dengan view hutan karet dan persawahan menjadikan tempat ini cocok untuk meninggalkan penat tinggal di kota untuk sementara waktu.

Setiap hari Minggu pagi pukul 06.00 - 11.00 Wib,  Radja Pendapa Camp di sulap menjadi Pasar Karetan , pasar dengan konsep tradisional dengan kuliner yang unik-unik para pedagangpun gak kalah unik dengan memakai pakaian tradisional juga. Selain kuliner,  Pasar Karetab juga terdapat banyak mainan tradisional anak. Yang lebih seru oagi,  ada Panahan yang dilatih oleh atlet Jateng,  bisa dimainkan anak-anak hingga dewasa


Tempat yang Instagramable membuat tempat ini layak dikunjungi tanpa / usia. Atraksi setiap minggunya pun selalu berbeda,  mereka pernah mengundang Basarnas,  Duta damai,  Akustik,  Hammokkers,  masih banyak lagi. Dan yang minggu lalu tanggal 24 Desember 2017 , pasar ini bertemakan #PasarKaretanMenari . Mengundang anak-anak dari Sanggar Sekar Tanjung di Kendal.

Tanggal 31 minggu depan,  pasar karetan akan berkonsep "2017 dalan kenangan" dan mengundang karawitan. Waw seru nih pasti,  sekali kesini gak cukup lo, seperti mbak Uniek Kaswarganti ini dia dan jagoannya beberapa kali berkunjung ke Pasar Karetan. Untuk informasi tema-tema minggu selanjutnya,  kepoin aja IG : @pasarkaretan



2. Tubing Genting
Meninggalkan Pasar Karetan sebelum terik,  lanjut perjalanan ke Boja untuk bermain air. Yap kamu bisa Body rafting di Tubing genting. Uji nyalimu disini!
Tubing genting,  selain buat olahraga air,  kamu juga bisa jepret-jepret cantik buat di pamerin. Tebing-tebing pinggiran sungai ini begitu unik.
instagram.com/tubinggenting

3. Gonoharjo
Yang tidak mau uji nyali dengan permainan air,  bisa lo relaksasi dengan mandi air hangat di Gonoharjo. Tidak jauh dari Pasar Karetan,  hanya membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit.
Selain terdapat pemandian air hangat, disini juga terdapat taman juga kolam renang.

4. Kebun Teh Medini
Masih ada waktu buat explore di hari terkahir 2017? Mampir yug ke Kebun Teh Medini.  Mensuplay paru-paru dengan oksigen yang bersih, bersantai ria,  foto-foto juga oke.  Tapi perjalanan kesini harus dengan kendaraan yang super fit. Ada 2 jalur,  melalui Promasan dan Nglimut.
Jika lewat promasan,  jalanan cukup mudah dengan sedikit saja tanjakan tapi.... Jalanan ancur parah. Berbeda dengan jalur Nglimut,  jalanan cukup bagus tapi tanjakan yang sangat terjal bikin ngeri, hah di tahun 2009 aku tak mampu lewat sini dan jatuh saat tikungan dan tanjakan berkolaborasi.
Di 2017 ?? Aku mampu melewati rintangan dung , tapi lewat Promasan hehehe,  pulangnya baru lewat Nglimut.

instagram.com/marasolehah

5.  Staycation
Capek seharian piknik?  Asik kali ya tidur di kasur yang empuk. Staycation aja yug di hotel sekitar Simpang Lima hingga Tugu Muda. Ada banyak pilihan nih, yang pernah aku gunakan untuk staycation adalah Louise Kienne Pandanaran,  dengan view Tugu Muda. Di hotel ini terdapat tempat fitnes, skypool, juga jakuzi. Emmmm asik ya jakuzian malam-malam sebelum melihat kembang api pertaburan di langit Semarang.

Soal staycation,  aku suka nih liat mbak Novia Domi yang sering staycation dimana-mana,  terakhir kuliat dia staycation di Kota Surabaya.
Kalau aku pengen banget staycation di pinggir pantai hehe.

Hari ke-2 : 1 Januari 2018

Happy New Year,  sebelum meninggalkan kota Semarang asiknya kemana ya? Beli oleh-oleh apa jalan-jalan? Bisa kok dua-duanya

1. Lunpia Cik Me Me (delight)
Tidak ke Semarang jika tidak jajan Lunpia dung,  apalagi lunpia di cik me me ini lunpia dengan kualitas premium. Rebung termuda dan isian dengan aneka rasa. Rebungnya pun tidak bau sama sekali.
Aku paling suka rasa Jamur,  didalamnya terdapat kacang metenya..  Uh enak banget.  Adapula rasa Kambing Jantan Muda yang gak kalah enaknya.

2. Kota Lama
Ke Semarang gak lengkap kalau tidak jelajah kota lamanya,  disini kita bisa merasakan bagaimana kejayaan jaman kolonial. Arsitekturnya yang luar biasa indah seringkali dipakai buat tempat syuting.
instagram.com/vegaviditama


3. Semarang Kreatif Gallery
Terletak di kota lama,  terdapat berbagai macam merchandise kota Semarang dengan kualitas terbaik. Jangan ragu buat masuk ke dalam,  kamu akan dimanjakan dengan berbagai pernak-pernik Semarang yang keren-keren.

Nah ini bisa jadi pilihan 2 hari 1 malam kamu menghabiskan akhir tahun di Semarang.

  • Share:

You Might Also Like

13 komentar

  1. Wah komplit banget nih itinerary dari Mara..bisa direkomendasikan ke temen-temen yang pengen staycation di Semarang :D

    BalasHapus
  2. Nah naahh... iya nih, ga bosen2 ke Pasar Karetan. Ntar an kapan ke sana lagi ya, jozz bener nih teman2 GenPI Jateng. Ayok Mara, kapan dong aku diajakin bikin video bareng2 di Pasar Karetan?

    Kebun teh Medini.... kangeeenn banget, dah berapa belas tahun ya gak kesana.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Kalau ke Pasar Karetan, kangen minum kopi dan jajanan pasarnya. Cenil!
    Huaaa... mo ke sana lagi ah..

    BalasHapus
  5. pas banget nih aku lagi cari destinasi wisata akhir taun

    BalasHapus
  6. Marasoo aku blm pernah loh kepasar karetan.. Ajakin donkkk

    BalasHapus
  7. Aku baru sekali ke Pasar karetan, mau lagi kapan2. Eh itu river tubing nya keren juga, penasaran ama lokasinya. Mara kasih dong map location di mana itu

    BalasHapus
  8. Wah, asyiknya...! aku lagi pengen muter2 naik bis wisata semarang sama ke pasar karetan tapi apa daya... *liriksibayik

    BalasHapus
  9. Untung udah pernah ke pasar karetan atas undangan genpi jateng nih, yang bikin penasaran adalah kebun teh medini nih, kalau aku staycationnya seringnya di bandung atau ada acara blogger dan kantor suami hehehe

    BalasHapus
  10. Pengen ke pasar karetan lagi euy kemarin tu agak kesiangan jadi ga maksimal

    BalasHapus
  11. Aku jadi pengen mbalik meneh ke pasar karetan. Kmrn thifa dah semangat mau lukis payung tapi krn kesiangan khabisan payung 😅

    BalasHapus
  12. Wah ternyata seputaran Boja-Mijen banyak banget ya tempat wisata. Dulu taunya cuma Nglimut aja! Noted banget kl pas boring di rumah

    BalasHapus
  13. wah, aq pengen ke tubing genting deh...

    BalasHapus