7 Hal yang didapat saat Travelling

Entah sejak kapan hoby travelling mengakar dalam jiwaku, seminggu ngendon di rumah sudah gelisah, minggu kedua jadi gampang ngamuk, minggu ketiga jadi  stress hahahaha engga deng.. kalau ini lebay. Tapi yang gelisah iya bener, seperti gak punya semangat begitu mau ngapa-apa males banget karena bagiku travelling seperti ngecharge energi dan soul.

Dari travelling aku dapat banyak hal, yang mungkin orang lain pun mendapatkan ha yang sama dengan cara yang berbeda. Entah itu trip lokat atau tripp ke negara lain. Nah apasih yang aku dapat dari Travelling?

7 Hal yang didapat saat Travelling

1. Teman Baru
Teman baru bener banget, ini aku dapat waktu trip sharecost ke negara tetangga dan Karimunjawa. Yang lucunya waktu buat pasport aku ditanya ke negara tetangga bersama siapa? Dengan polosnya aku jawab dengan teman-teman kenal di FB. Hampir saja pasportku gak lolos gara-gara ini hiks... Begitupun saat ke Karimunjawa, satupun belum ada yang aku kenal dari mereka, dasarnya aku nekat hehe. Dan alhamdulillah dari teman-teman baru mendapatkan banyak hal baru pula, dan hingga sekarang kami masih berkomunikasi juga adain trip-trip lain tapi akunya jarang ikut karena kendala di waktu.


2. Wawasan Baru
Ini nyata, waktu ke Singapore aku dapat banyak hal baru yang di Semarang gak kudapatkan. Seperti ritme kerja mereka yang terlihat saat pagi-pagi jam berangkat kerja. Jangan berdiri di Eskalator sebelah kanan jika gak mau di tegur, mereka seperti setengah berlari saat menaikinya. Juga saat menunggu kereta,  berdiri di sisi pintu masuk jangan di depan pintu dan dahulukan yang keluar.

3. Pengembangan diri
Dengan mengenal orang baru, mendapatkan wawasan baru jika kita bisa melihat dan mengambil peluang maka diri kitapun akan ter-upgrade.

4. Mengenal budaya baru
Of course, kamu akan mengenal kearifan lokal di tempat yang baru. Mengenal budaya-budaya daerah jangan sampai diakui negara tetangga baru tahu itu budaya kita seperti yang sudah-sudah.
Dengan mengenal budaya orang lain, setidaknya kita akan lebih tolelir, karena apa yang tidak biasa kita lihat ternyata di belahan bumi lain itu hal yang biasa.

5. Meningkatkan kemampuan ber-komunikasi
Ingin meningkatkan berbahasa asing? Ya mainlah dimana bahasa yang kamu pelajari digunakan sebagai bahasa sehari-hari dan jangan lupa buat aktif berinteraksi dengan penduduk lokal.

6. Menahan diri
Sabar... sabar... ingat budaya yang berbeda akan membuat kepribadian dan etos kerja setiap warganya berbeda, jika kamu sudah biasa nyelonong antrean dan di tempat lain sangat menjunjung tinggi antri, kamu harus sabar. Emmmmm aku jadi ingat nyelonong naik bis dari Singapore ke Johor, ini karena gak tahu sih. Kami kira bisa titip antrian tiket, ternyata hal itu gak dibolehkan. Dan untungnya saat itu kami di bolehkan naik tapi dengan pernyataan salah satu dari petugasnya yang sedikit sewot, hahahah maafkan kami.

7. Dapat Jodoh
Dapat jodoh? Pengennya begitu sih tapi.... belum hahaha ah sepertinya mainku kurang jauh, karena mungkin jodohku ada di benua yang berbeda.

Nah ini sedikit rangkuman yang aku dapat saat jalan-jalan, aku dan orang lain meski dalam trip yang sama akan mendapatkan hal yang berbeda itu pasti. Tapi bagaimana kita bisa mengambil pengalaman yang positif-positif  itu untuk diterapkan ke kehidupan kita setelah pulang adalah yang penting, dan jangan bawa pulang hal-hal negatifnya buang saat melintasi laut ya.. hehe

Dan aku penasaran dengan dua orang teman yang hoby travelling juga, apa ya yang mereka dapatkan? Dia adalah mbak Ika Puspita, saat tulisan ini dibuat , dia sedang jalan-jalan ke Labuan bajo tempat indah di Indonesia timur yang pasti menjadi destinasi impian para traveller dan pecita bahari. Juga mba Arina Mabruroh, ibu muda ini hoby travelling yang seharusnya berangkat bareng mbak ika ke Labuan Bajo harus tertunda karena baru lahiran, selamat ya mbak Aarina, semoga ibu dan dedeknya sehat selalu, dan suatu hari bisa ke Labuan Bajo bareng keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Instagram