Karimun Jawa ; Tour Laut di hari Pertama

by - November 05, 2016

Hay guys... kalian pasti sudah gak asing dung mendengar kata Karimun Jawa, apalagi yang memang hoby jalan-jalan. Kepulauan yang berada di kabupaten Jepara ini bisa dijangkau dengan transportasi laut dan udara. Transportasi udara melalui bandara Ahmad Yani Semarang, dan untuk transportasi laut selain dari Jepara kita juga bisa lewat Semarang dan Kendal.

All Crew

Waktu sampai di Karimun Jawa aku cuma bisa takjub and woow... kok di Semarang kota tercintah gak ada yang kayak gini sih... 

Dihari pertama, kami ber-13 memilih untuk tour laut. Oiya awalnya diantara mereka semua tidak ada yang aku kenal satupun, ajak teman gak ada yang bisa huhuhu asal pede aja ikut :p dan ternyata mereka semua orang-orang yang menyenangkan. hihihi

29 Okt 2016, Kami mengunjungi 4 pulau diantaranya Pulau Menjangan besar, Gosong, Cemara besar, dan Menjangan kecil.

Menjangan Besar
Di pulau ini kita bisa foto-foto bareng sama bayi hiu juga bintang laut. Awalnya serem juga sih liat hiu-hiu segede pahaku , ada yang sudah berusia 7 tahun ternyata, yg masih imyut imyut kyak ikan teri juga ada.

Me and Baby Shark


Pulau Gosong
Selanjutnya waktunya kami basah-basahan buat snorkling. Ini pengalaman pertama yang aku sia-siakan hikhikhik aku engga poto underwater karena takut keselek air, pas turun udah keselek sampai leher sakit :( mana ombaknya lumayan gede lagi buatku.

@herijuvu


Cemara Besar
Cemara besar yang terindah deh untuk trip laut ini, sebelum menuju pulaunya kita disuguhi pasir putih yang timbul, air sebening kaca ikan-ikan mungil dan bintang laut terlihat jelas banget.

Pasir Timbul di Cemara Besar

Nah disini kita bakar-bakar ikan buat makan siang, hmmmm asik banget kan, makan ikan di bawah pohon cemara langsung dekat habitatnya dengan pemandangan yang luar biasa indah.

Bakar Ikan
Meski cukup jauh dari pulau utama, di Cemara besar sinyal Telkomsel cukup stabil bisa buat internetan.

Menjangan Kecil
Sebelum sampai ke pulau Menjangan kecil, kami snorkling untuk ke-2 kalinya di sebelah barat pulau ini , dari prau yang kami tumpangi ikan dan terumbu karang benar-benar terlihat jelas, Ombak juga tenang banget, wah aku mau ah poto underwater.. tapi... siaaaaal kakiku kram!!! dari betis sampai paha kiri rasanya nyooos... ok ini kesempatan ke-2 yang aku sia-siakan... *pengen nangis deh hikhikhik

Dapat bantuan waktu kram, menuju prau.

Snorkling di Menjangan kecil, @abank_firman

After snorkling kita menuju daratan, pulau ini terdapat resortnya loh jadi untuk masuk harus bayar dulu, cuma 10.000 idr aja kok. Mau staycation di sini?? bisa banget. 
Kali ini kita menikmati sunset di pulau ini, yang paling iconic di Menjangan kecil adalah ayunan di bagian barat dan timur pulau. Nah karena temanya sunset jadi kita langsung jalan menuju sisi barat pulau.

Asik kali ya bisa staycation menghadap laut @antoniusgatotwu

Menikmati sunset ala-ala aku :D

Lihat deh, sampingku masih kosong, kamu sih gak ikut

Setelah trip laut ini usai, kami kembali ke pulau utama Karimun jawa bersih-bersih sebentar lalu lanjut ke alun-alun mencari makan malam dan oleh-oleh. Di alun-alun kita bakal disuguhi penjual seafood berjejer-jejer waaaaa asik. Dan di sisi lain banyak juga penjual baju bertuliskan Karimun jawa.

Yang ijo itu namanya Ikan Kakatua, ikan iconicnya Karimun jawa

Mas, cumi satu berapa mas ? :D


Kami memakai jasa mas Tri Pramono yang bisa di cari di
Ig : Tri_pkarimun
Fb : Tri Pramono
Wa : 082325982567
Orangnya asik dan ramah, bisa bantu kita cari homestay, oleh-oleh dan sandal jepit *eeeeeeeh klo ini aku doang si.
Soal harga nego sendiri lah ya, yang pasti cukup murah kok.

You May Also Like

37 komentar

  1. Wua..karimun, dari dulu belum kesampean ki..btw kalau ndak bisa renang bisa ikutan snorkling ga yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap bisa mba, dipandu sama guideya kok

      Hapus
  2. Wiih...asyiik.. Etapi aq g bs renang..hiks...

    BalasHapus
  3. aku mauuuu di cemara besar hik hik hik

    BalasHapus
  4. Asik dan seru ya. Fotonya juga keren2 habis. Semoga kapan2 bisa ke sana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, masih banyak pulau juga yang lum sempat dikunjungi nih

      Hapus
  5. Duh, pengen banget ke sana mbak. Nunggu fattah agak besar dulu. Mudah-mudahab tahun depan bisa ke sana ya

    BalasHapus
  6. Keren keren mbaak fotonyaaa... jadi bikin yg mupeng makin mupeeeng dey...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku jg mupeng pengen balik lagi nih

      Hapus
  7. Dari pertama lihat liputan Karimun di tipi aku udah ngiler pengen renang bareng hiu Mbak. Penasaraaannn.

    BalasHapus
  8. KEREN mah Pokokny Pengen nyelem lagi dsna...

    BalasHapus
  9. Pingin bgt ke karimun blm tersampaikan

    BalasHapus
  10. Pingin bgt ke karimun blm tersampaikan

    BalasHapus
  11. bakaran ikannya mantep banget.
    ke sana enaknya menggunakan biro perjalanan atau sendiri ya?
    thank

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesana enak sendir, lalu pake guide lokal...

      Hapus
  12. Seruuuuuu banget! Aku pengen ngajak anak-anak liburan ke sana. Kalo naik pesawat dari Semarang tiketnya berapa ya?

    BalasHapus
  13. Duh makin mupeng aku lihat foto2 ini, hiksss

    BalasHapus
  14. Wuaaa...pengeeeen, aku pengen kesana. Tapi setelah dari Luwuk ya, hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesini dlu aja yg deket n murah mb 😂😂😂

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Lagi dong yes, ngumpulin duit dulu.. 😄

    BalasHapus
  17. Lagi dong yes, ngumpulin duit dulu.. 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga sebelum puasa kita bisa kesana lagi yessss

      Hapus
  18. bajetnya berapa sih say? udah lama banget aku mupeng ke Karimun Jawa tapi belum kesampaian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. macem2 mba... tergantung fasilitas, kapal yg dipilih, sama wisata yg dituju dsana apa aj. kmren tanpa oleh2 aku habis <600rb

      Hapus
  19. Cuzzz ... maraaa .. KJ part II

    BalasHapus
  20. wah keren ya... aku belum pernah kesana nih ka...

    BalasHapus
  21. Jadi dari Jepara itu naik kapal atau pesawat lagi ya mbak buat nyampek karimun jawa ini?

    BalasHapus