Iwakmart Fish Market Pertama di Semarang ; Resep Cumi Brokoli Tumis Saus Tiram

by - September 30, 2016



Soal makanan aku memang tidak pilih-pilih, namun beda cerita kalau masak memasak. Aku hanya masak makanan yang aku suka. Mungkin karena hidup sendiri (Ibu lebih sering di rumah kakak) jadi masak ya kalau lagi mood saja. So, bisa dibilang masakanku adalah Limited Edition hahahaha
*Curcol dan pede tingkat dewa

Nah kali ini aku mau masak Cumi Brokoli Tumis Saus Tiram. Cumi dari Iwakmart ini masih terlihat segar walau sudah dikirim beberapa hari yang lalu.

Iwakmart ini merupakan Fish Market pertama di Semarang loh, dibuka oleh Riza adi pada tanggal 12 Juni 2016. Meskipun terbilang baru, Iwakmart cukup lengkap varian ikan yang ditawarkan. Selain ikan-ikan mentah ada juga berbagai macam ikan olahan seperti Takoyaki, Teri nasi berbagai rasa, Bola ikan berbagai rasa. Aaah aku jadi kepingin coba Takoyaki isi gurita.



Bagi yang belum tahu lokasi Iwakmart, Iwakmart ini berlokasikan di Jl. Moch Ikhsan 36b Kedungpane Ngaliyan buka mulai jam05.30-22.00. Malas keluar?? bisa delivery kok bahkan free ongkir jika pesan minimal Rp.50.000 untuk area Ngaliyan dan minimal Rp.150.000 untuk se-kota Semarang.





Masak cumi itu mudah, dan waktu yang dibutuhkan pun relatif cepat. Nah untuk memasak Cumi Brokoli Tumis Saus Tiram bahan yang dibutuhkan adalah :

1. Cumi sebagai bahan utama potong sesuai selera
2. 1 kuntum brokoli
3. Jamur tiram (bisa jamur apa saja)
4. Bakso ikan/Udang (Optional)
5. 2 siung bawang putih, setengah bawang bombai
6. Saus tiram
7. Merica bubuk
8. Garam
9. Kecap manis secukupnya


Bumbu



Bahan

Cara memasak :

1. Rebus brokoli setengah matang, angkat dan tiriskan, air digunakan untuk merebus jamur, angkat dan tiriskan.
2. Panaskan minyak di penggorengan, masukkan bawang bombay dan bawang putih, tumis hingga harum.
3. Tambahkan air secukupnya, saus tiram, merica bubuk dan garam, aduk hingga rata
4. Masukkan cumi dan bakso hingga setengah matang, lalu masukkan brokoli dan jamur
5. Kecap manis sedikit agar menambah rasa manis dan warna pekat.
6. Bila suka kuah kental, bisa ditambahkan maizena.
7. Matikan api, tuang dan hidangkan.




Cumi tidak hanya enak juga kaya akan nutrisi, protein, mineral dan berbagai vitamin ada di dalamnya. Per 100 gram nya, cumi mengandung  energi 75 kkal, 16,1 gr protein, 0,1 gr karbohidrat, 0,7 gr lemak, 32 mg kalsium, 200mg fosfor, dan 1,8 mg zat besi.


Cumi-cumi didominasi asam lemak tak jenuh yang tinggi juga asam lemak essensial yang penting untuk perkembangan jaringan otak anak juga meningkatkan daya ingat. Maka dari itu, Pemerintah melalui "GEMARI" Gemar Makan Ikan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah sejak beberapa tahun belakangan. Agar anak-anak tumbuh cerdas untuk dengan daya ingat yang kuat. Melalui programnya, pemerintah juga mengenalkan tarian Gemari yang diperagakan oleh anak-anak.




You May Also Like

8 komentar

  1. Yummmiii, ada senam gemari pulaak, senam alde tuhh hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah alde bisa senam gemari ya mba, gemar makan ikan juga kan :D

      Hapus
  2. wiih enak tuh mba.. kapan2 kalo kumpul bawain masakan Cumi Brokoli Tumis Saus Tiram ala mba mara biar kita icip dan review bareng2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanan kirim cuminya dlu ya, ntar kumasakin wkkkkkkkk

      Hapus