Sarapan? Penting gak Sih?

by - Mei 22, 2016


Melilea Semarang

Sarapan sudah menjadi rutinitas masyarakat Indonesia kebanyakan, namun tak dipungkiri dewasa ini semakin banyak pula yang meninggalkan sarapan karena kesibukan di pagi hari. Lalu apa yang terjadi jika kita meningalkan sarapan? Kalap ketika makan siang bukan? Mencari pelampiasan makanan yang berlemak, manis dan juga berkalori tinggi, emmmm yang ada tambah melar ni body #uupppsss

Sarapan itu sangat penting temans karena saat kita tidur terlelap kita telah puasa selama 7-8 jam. Memilih menu sarapan pun tidak boleh sembarangan, karena menu sarapan yang tepat akan memberikan energy hingga waktu makan siang, bahkan lebih lama lagi.
Lalu.. bagaimana siiiih cara memilih menu sarapan yang tepat?

4 sehat 5 sempurna seperti pelajaran SD?? Oh no no..        .

Menu sarapan yang tepat adalah makanan yang mengandung Nutrisi seperti
  • ·         Makronutrisi

Makaronutrisi adalah makanan yang terdiri dari Karbohidrat, Protein dan Lemak. Dan ini adalah makanan yang biasa dikonsumsi kita masyarakat Indonesia pada umumnya. Dan fungsi utamanya adalah untuk pembentukan hormon dan energy.
  • ·         Mikronutrisi

Mikronutrisi terdiri dari vitamin dan mineral. Gunanya untuk meningkatkan fungsi tubuh, antioksidan dan memperbaiki sel yang rusak.
  • ·         Phytonutrisi

Phytonutrisi ini hanya terdapat dalam tumbuh-tumbuhan. Bermanfaat untuk pencegahan semua penyakit kronis termasuk kanker dan juga detoksifikasi tubuh.

Dan dari keriga nutrisi penting ini 2/3 masyarakat kota kelebihan Makronutrisi,kekurangan mikronutrisi dan hanya memiliki phytonutrisi yang sangat minim.
Lalu.. bagaimana dung melengkapi mikronutrisi sekaligus phytonutrisi untuk tubuh kita? Karena kalau hanya kelebihan makronutrisi tubuh kita akan terjangkit  berbagai macam penyakit kronis seperti gula darah, darah tinggi, jantung koroner dan penyakit kronis lain.

Kita bisa memilih opsi antara suplemen yang terbuat dari sintetis ataukah makanan alami. Meski kita telah mengkonsumsi makanan alami tapi mengapa kita masih kekurangan Mikronutrisi dan Phytonutrisi?  Ini disebabkan oleh 
  1. Sebagian makanan kita telah diproses, sehingga bahan nutrisi alami telah hilang.
  2.  Karena proses pemasakan telah menghancurkan kandungan mikronutrisi didalam makanan.

Untuk menjaga nutrisi dalam makanan kita bisa makan wholefood dengan cara rawfood. Namun rawfood pun masih belum semunya aman, karena pola  pertanian konvensional masih menggunakan berbagai bahan kimia seperti pestisida, hormone pertumbuhan dan lainnya.


tapi jangan khawatir, kita ada pengganti makanan yang organic namun memiliki mikronutrisi dan phytonutrisi yang tinggi. Yaitu MELILEA satu-satunya makanan fungsional organic bintang lima di Asia dengan komposisi 24 jenis sayuran dan buahan Wholefood dengan kondisi rawfood.

You May Also Like

3 komentar

  1. Sekarang kalau SD malah bukan lagi 4 sehat 5 sempurna, Mbak. Sudah menu seimbang. Hayooo.....? Hihihi...

    BalasHapus
  2. Kira2 mengenyangkan juga ga ya mbak? Soalnya kan buat aku yang jawa tulen, belum makan nasi berarti belum makan.

    BalasHapus
  3. Waah, kudu sarapan ini kali, biar tubuhku kembali sehat

    BalasHapus